28.3 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

Kunker Menhub di Sultra Bawa Angin Segar Bagi TBKM Pelabuhan Bungkutoko Kendari 

Kendari, Britakita.net 

Kunjungan Kerja (Kunker) Mentri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) meninjau Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Sabtu 20 Agustus 2022. Kunker Menhub RI, Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Jenderal Pelabuhan Laut, Ir. Arif Toha Tjajagama, DEA bersama Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

Kunjungan ini dilakukan untuk terus mengintensifkan upaya penertiban penggunaan Terminal Khusus serta menerima permintaan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Bungku Toko Kendari. Selain itu, kunjungan itu juga ditargetkan dapat meningkatkan jumlah Badan Usaha Pelabuhan (BUP) di Sulawesi Tenggara.

Mentri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan di Sulawesi ini ada banyak pelabuhan baik itu yang dikelola BUMN, Pemda, maupun Swasta, yang tentunya  semua harus dikelola dengan baik didasarkan pada Good Corporate Governance (GCG), agar tidak ada lagi pelabuhan tikus atau dokumen terbang/palsu.

Selain meningkatkan pelayanan, pada kesempatan ini pula Menhub Budi juga menyampaikan, pihaknya akan membangun Dermaga di Pulau Wisata Labengki sehingga wisatawan bisa berkunjung dengan baik di Pulau tersebut.

BACA JUGA :  Cegah Kerawanan, Polresta Kendari Gelar Patroli Skala Besar

“Kita akan membangun sebuah dermaga yang berfungsi juga sebagai penahan ombak.” ungkapnya.

Diharapkan, kunjungan di Kendari ini dapat membawa angin segar khususnya dalam upaya penuntasan penataan TKBM di Kendari yang dinilai tingkat pengelolaannya belum efektif.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Kendari New Port selama beberapa tahun ini tidak berjalan efektif dan normal karena permasalahan yang terjadi di tingkat pengelola TKBM dalam hal ini Koperasi TKBM yang terdaftar dan beroperasi di Kendari New Port Bungkutoko,” ucapnya.

Untuk diketahui Kunker tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil rapat bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 11 Agustus 2022 yang lalu.

BACA JUGA :  ASR Gercep Bantu Warga yang Menjadi Korban Kebakaran

Pada rapat tersebut dihadiri oleh Koperasi TKBM Tunas Bangsa Mandiri, Koperasi TKBM Karyawan Karya Bahari, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pada rapat tersebut diputuskan bahwa pemerintah daerah dalam hal ini Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara bersedia memfasilitasi dan merekomendasikan kedua TKBM tersebut Koperasi TKBM Tunas Bangsa Mandiri dan Koperasi TKBM Karyawan Karya Bahari kepada pihak penyelenggara pelabuhan yaitu KSOP dan PT. Pelindo agar bisa melakukan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Kendari New Port (KNP) PT. Pelindo Persero Regional IV Kendari.

Dan pada rapat tersebut dihadiri oleh Koperasi TKBM Tunas Bangsa Mandiri yang diwakili oleh Pengurusnya atas nama Ferry dan jajarannya, Koperasi TKBM Karyawan Karya Bahari, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara

Laporan: Rizal

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!