28.3 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

DLH Konkep Gelar Sosialisasi Penanganan Sampah di Wawonii Barat

Konkep, Britakita.net

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melakukan sosialisasi penanganan sampah yang dapat mencemari sungai dan menghambat proses air tanah.

Kegiatan sosialisasi pelayanan kebersihan dan retribusi penanganan sampah digelar di gedung serba guna Desa Langkowala, Kecamatan Wawonii Barat (Wabar), Rabu, 6 Juli 2022.

Kepala DLH Konkep, Drs. Muh. Rustam Arifin, M.Pd mengatakan jika kegiatan tersebut adalah pertanggungjawaban atas keluhan, dan akan difungsikan dalam pelayanan kebersihan serta pengelolaan sampah di wilayah Konkep, terutama di Kecamatan Wabar.

“Untuk membahasa mengenai pelayanan kebersihan di Kota Langara atau Wawonii Barat pada umumnya kita harus sinergi dengan beberapa kelompok seperti pejabat desa, keluaran serta kecamatan, rumah makan, toko, hotel, dan masyarakat. Karena kita ketahui sendiri sampah berasal dari masyarakat kita sendiri,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Petugas Lapas IIA Kendari Gagalkan Penyelundupan Sabu Lewat Botol Sampo

Lanjut Rustam, di acara tersebut juga sedikit dibahas mengenai kinerja DLH Konkep dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, khususnya di bidang kebersihan, pengelolaan taman dan median jalan, serta pengelolaan persampahan di Konkep.

“Untuk itu, pada kegiatan tersebut dibahas juga mengenai rencana pemberlakukan retribusi pelayanan kebersihan dan pengolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga,” lanjutnya.

Mantan Kadis Dinas Sosial (Dinsos) Konkep itu menambahkan jika kegiatan tersebut merupakan sosialisasi awal sebelum diberlakukannya penarikan retribusi tersebut sekaligus meminta masukan kepada pihak terkait.

“Sejumlah saran dan masukan berhasil diperoleh, Alhamdulillah kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan baik, dari hasil kegiatan tersebut dicapai kata sepakat kedepannya,” tambahnya.

BACA JUGA :  Sadis, Pria Stengah Abad di Bombana Tikam Istrinya Berkali-kali

Terlebih lagi, dalam penanganan masalah kebersihan dan pengelolaan sampah di Konkep dapat dilaksanakan secara lebih maksimal.

“Pihak kami yaitu DLH dengan armada kebersihan dan persampahan yang dimiliki akan mengangkut sampah masyarakat di Wawonii Barat yang akan dilakukan di titik-titik pengumpulan sampah seperti di TPI, Pasar dan Rumah Sakit,” tutup Rustam.

Untuk diketahui kegiatan tersebut di hadiri langsung Camat Wawonii Barat (Wabar), Kepala Kelurahan Langara Laut dan segenap Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Wabar, para pelaku usaha, pemilik penginapan atau hotel, pemilik Rumah Makan (RM), pemilik sembako, dan tokoh masyarakat lainnya.

Laporan: Aan Ahmad

 

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!