25.5 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Tim Penilai Lomba Desa Lakukan Penilaian di Desa Tani Indah

Konawe, Britakita.net

Tim penilai lomba desa/kelurahan tingkat Kabupaten Konawe bertandang di Desa Tani Indah, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe pada Jumat (13/5/2022).

Pelaksanaan penilaian lomba desa yang sudah memasuki hari ke dua itu berlangsung di kantor Desa Tani Indah.

Tim Penilai Lomba Desa dipimpin langsung oleh Kadis PMD Konawe Keny Yuga Permana. Selanjutnya, Dinas Satpol PP Linmas dan pemadam kebakaran. Kemudian, Dinas Pendidikan Nasional, Kesehatan, BPBD Konawe, dan Tim Penggerak PKK Konawe.

Para tim penilai lomba desa di sambut langsung Kepala Desa Tani Indah Muh Juslan, Camat Kapoiala Muhammad Sobri Rustam dan para Kades se Kecamatan Kapoiala, aparat desa dan sejumlah warga.

BACA JUGA :  Sahkan Dokumen Kependudukan, Ratusan P3K Padati Disdukcapil Konawe

Penilaian lapangan lomba desa/kelurahan se Kabupaten Konawe ini berlangsung sejak 12 Mei dan akan berakhir pada 27 Mei 2022. Di Kecamatan Kapoiala sendiri, Desa Tani Indah adalah satu-satunya desa dari 13 desa di Kecamatan Kapoiala yang mengikuti lomba tersebut.

Kadis PMD Konawe Keny Yuga Permana menjelaskan, penilaian evaluasi pembangunan desa tahun ini tetap mengacu pada Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Kita akan lihat untuk Desa Tani Indah ini semoga inovasi yang diciptakan oleh Pemerintah Desa bisa menjadi nilai tambah untuk bersaing dengan desa lain yang akan dilaksanakan penilaian,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Jadi Terkotor, OPD dan Kecamatan ini Diberi Hadiah Sapu dan Tong Sampah

Menurut Keny, lomba desa ini merupakan momentum untuk melihat sejauh mana progres pelaksanaan pembangunan di desa. Kata dia, ada beberapa bidang yang menjadi obyek penilaian, diantaranya bidang pemerintahan, BPD, BUMDES, lalu kader posyandu, PKK, lembaga adat dan LPM.

“Lomba desa ini bukan hanya sekedar mencari siapa yang terbaik. Akan tetapi yang paling utama adalah kita melihat proses-proses kegiatan yang dilaksanakan termasuk bagaimana potensi yang ada di desa itu. Hingga bisa memberikan kontribusi pendapatan asli desa serta inovasi yang dilahirkan,” pungkasnya.

Laporan Redaksi

 

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!