30.6 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

Gelar Reses Masa Sidang I Tahun 2022, Anggota DPRD Konkep Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Konkep, Britakita.net 

Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan reses masa sidang I tahun 2022.

Reses merupakan momentum dimana anggota DPRD melakukan kunjungan ke konstituen atau Daerah pemilihan (Dapil) untuk menyerap aspirasi atau usulan masyarakat.

Pada kesempatan reses tersebut, Ketua DPRD Konkep, Ishal mengunjungi empat desa di Kecamatan Wawonii Selatan yakni Desa Baku-Baku, Desa Wawouso Raya, Desa Wawouso Baru dan Desa Puuwatu.

Dari tiga desa tersebut, masyarakat mengusulkan sejumlah usulan prioritas seperti tanggul atau dinding penahan ombak. Dimana diketahui desa di Kecamatan Wawonii Selatan di kawasan pesisir ini mengalamai abrasi pantai.

Misalnya di empat desa tersebut, ketika datang musim timur yang berdampak pada peningkatan intensitas dan besaran ombak maka abrasi pantai juga ikut meningkat.

Gelar Reses Masa Sidang I Tahun 2022, Anggota DPRD Konkep Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat
Ketua DPRD Konkep, Ishak saat bertatap muka dengan konstituennya di momen reses

“Di Desa sa Puuwatu itu, masyarakatnya menginginkan jaringan perpipaan dan bantuan kelompok nelayan. Untuk Desa Wawouso itu mereka minta bantuan bibit kelompok nelayan, jalan lingkar sepanjang tujuh kilo meter antara desa Wawouso dan Desa Bobolio, deker, talut dan air bersih,” kata Ishak.

Politisi Demokrat ini menegaskan, di tahun 2023 atau 2024 mendatang dirinya mengupayakan talud penahan ombak di empat desa tersebut bisa tersambung.

BACA JUGA :  Klaim Miliki Survei Tertinggi, Ketua DPD Gerindra Sultra: Ini Spirit Baru Untuk Kemenangan Gerindra

Dirinya berharap, dengan tersambungnya talud tersebut maka masyarakat setempat tidak perlu khawatir abrasi bakal sampai di pemukiman khususnya ketika musim timur datang.

“Target saya tahun 2023 Desa Lawey Raya hingga Desa Wawouso Baru dan dua desa di tengah itu bersambung taludnya, dan rehabilitasi dermaga karena fasilitas dermaga sangat penting terutama lampunya,” pungkas Islah.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Konkep, M Farid pada agenda resesnya mengunjungi konstituennya di tiga desa di Kecamatan Wawonii Tenggara yakni Desa Waturai, Desa Kekea dan Desa Tondonggito.

Di tiga desa tersebut, masyarakat mengusulkan diantaranya peningkatan jalan poros Polara-Rokoroko, pembangunan tanggul pantai, bantuan pertanian dan bantuan alat tangkap perikanan.

Gelar Reses Masa Sidang I Tahun 2022, Anggota DPRD Konkep Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat
Momentum reses anggota DPRD Konkep M Farid

“Selain usulan pengaspalan jalan lingkar ruas Polara-Rokoroko dan pembangunan jalan usaha tani masyarakat juga mengusulkan pembangunan SD Waturaidan pembangunan gedung TK di Desa Tondonggito,” ungkap M. Farid.

Atas usulan masyarakat tersebut, Ketua DPD Golkar Konkep itu mengaku akan berusaha mewujudkan aspirasi yang menjadi usulan prioritas konstituennya.

Dirinya berkomitmen mendorong usulan tersebut agar menjadi program perioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

BACA JUGA :  Diskusi Bawaslu dan Media Massa di Konkep, Komitmen Perkuat Sinergitas Kawal Pemilu 2024

“Tentu apa yang menjadi usulan warga ini, akan Kita usahakan supaya bisa dianggarakan nanti dalam APBD,” tegas M. Farid.

Ditempat berbeda, Wakil Ketua I Imanuddin menggelar reses di kecamatan Wawonii Timur dan Timur Laut diantaranya di Desa Palingi Timur, Noko, dan Desa Baho Bubu.

Gelar Reses Masa Sidang I Tahun 2022, Anggota DPRD Konkep Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat
Momentum reses Wakil Ketua I DPRD Konkep Imanuddin

Ia mengungkapkan, dikesempatan reses tersebut konstituennya mengusulkan aspirasi seperti pembangunan industri penyulingan nilam, pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT).

“Kita tampung usulan mereka dan kita upayakan, karena permintaan mereka berpariasi seperti air bersih, jaringan internet, dan ketersediaan taman baca di Desa Palingi Timur, Noko, dan Desa Baho Bubu,” terang Imanuddin.

Legislator lainnya yang melaksanakan reses yakni Rahman dengan menggelar pertemuan dengan konstituennya di Desa Langkowala Kecamatan Wawonii Barat.

Gelar Reses Masa Sidang I Tahun 2022, Anggota DPRD Konkep Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat
Momentum reses anggota DPRD Konkep Rahman

Dalam resesnya Itu, warga meminta Longboat fiber, penyediaan tong sampah sebagai penampungan sementara, bedah rumah, tidak layak huni dan penyediaan penampungan air bersih.

“Tentu usulan warga kita upayakan, insya Allah kita anggarankan dalam anggaran pendapatan belanja daerah,” pukasnya. (AdV).

 

Laporan : Aan Ahmad / Editor : Upi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!