23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Begini Cara KPU Wakatobi Mutakhirkan Daftar Pemilih Berkelanjutan

Wakatobi, britakita.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Wakatobi melakukan pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Cara itu dilakukan dengan menggelar rapat koordinasi bersama pihak-pihak terkait.

Diantaranya, Perwakilan Bawaslu, Partai Politik, Kepolisian hingga pihak Kecamatan dan desa.

Ketua KPU Kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab mengungkapkan, dalam rapat koordinasi periode Juni ini, KPU meminta masukan tentang apa yang harus dilakukan KPU demi pemuktahiran daftar pemilih berkelanjutan berjalan dengan baik.

“Masukan dari pihak-pihak yang dimaksud, agar pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini bisa valid,”ungkapnya, Kamis 30 Juni 2022.

Sejauh ini, lanjut Rajab, kendala yang dihadapi KPU Wakatobi adalah belum adanya petugas KPU di setiap kecamatan, untuk itu rapat koordinasi ini menjadi salah satu alternatif.

BACA JUGA :  Ketum Dua Periode Tutup Kongres V PAN di Kota Kendari

Sebelumnya, KPU juga telah menggelar rapat Pleno terkait rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) pada 28 Juni lalu.

Dari hasil pleno tersebut, KPU Wakatobi mencatat 20 pemilih baru dan 43 pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) yakni meninggal dan 4 pemilih ubah elemen data.

Dari perubahan tersebut, jumlah pemilih di Kabupaten Wakatobi yang sebelumnya mencapai 72.935 pemilih pada periode Juni berkurang menjadi 72.912 pemilih.

“Terdiri dari laki-laki sebanyak 35.526 dan perempuam berjumlah 37.386 pemilih tersebar di 100 desa dan kelurahan se Wakatobi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ratusan Orang Daftar Penerimaan Panwascam di Wakatobi

Ia menambahkan, data tersebut berasal dari tanggapan Bawaslu, masyarakat dan hasil pencermatan data kependudukan Dinas Dukcapil Wakatobi.

“Diharapkan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam melaporkan diri ke KPU Wakatobi, baik yang tergolong pemilih baru, TMS maupun yang mengalami perubahan data pemilih. Sehingga data pemilih berkelanjutan dapat terupdate setiap bulannya. Bagi yang sudah berusia 17 yang belum memiliki e-KTP agar segera mengurus ke Dinas Dukcapil agar hak pilihnya terjamin,”pungkasnya.

Laporan : Samidin

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!