28.3 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

Sukses Raih Opini WTP Tiga Kali Berturut-turut, Bupati Konkep Apresiasi Jajaran BPK RI Perwakilan Sultra

Konkep, Britakita.net

Meski Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) masih seumur jagung dengan catatan usianya yang baru 9 tahun, tapi prestasi daerah berjuluk ‘Pulau Kelapa’ ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Salah satu prestasi unggulannya yakni raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra, sebanyak tiga kali berturut-turut.

Dimana sejak tahun 2019, Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) Konkep selalu diganjar penilaian opini WTP dari BPK RI Kantor Perwakilan Sultra.

Opini WTP terbaru diterima Pemda Konkep atas penilaian LKPD tahun anggaran 2021, yang juga diterima tujuh daerah lainnya di Sultra.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD TA 2021 diserahkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Patrice Lumumba Sihombing kepada Bupati Konkep, Amrullah di Kantor BPK RI, Selasa, 31 Mei 2022.

BACA JUGA :  Tarik Retribusi Sampah, DLH Konkep Target PAD Rp 50 Juta Per Tahun, Berikut Besaran Pembayaran Sampah

Bupati Konkep, Amrullah mengatakan sesuai diamanatkan UU Nomor 17 Tahun 2003 dan UU Nomor 23 Tahun 2014, Pemda Se- Sulta telah melaksanakan kewajiban menyerahkan LKPD kepada BPK Perwakilan Sultra untuk dilakukan audit.

“Atas dilaksanakannya audit LKPD tahun anggaran 2021 pada seluruh Pemda se-Sulta. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan tersebut,” kata Amrullah.

Mesk demikian, Lanjut Bupati Konkep dua periode ini, karena adanya kelemahan dan kekurangan dalam menyusun laporan keuangan Pemda sehingga masih terdapat temuan yang harus ditindaklanjuti demi perbaikan ke depan.

“Selanjutnya dalam menindaklanjuti temuan tersebut kami telah menyusun rencana aksi yang dalam implementasinya kami mohon bimbingan dan arahan dari BPK RI Perwakilan Sultra agar tindak lanjut audit dapat terselesaikan tepat waktu,” terang Amrullah.

BACA JUGA :  Meriahkan Peringatan Hari Anak Nasional, PT GKP Gelar Sejumlah Lomba Untuk Murid SD di Konkep

Politisi Demokrat ini juga meminta, jika selama proses audit, mulai entry meeting, exit meeting hingga penyerahan hasil terdapat hal yang kurang berkenan, pihaknya mohon maaf yang setulus tulusnya.

Tidak hanya itu, Amrullah juga menyampaikan apresiasinya kepada Kepala BPK RI Perwakilan Sultra beserta jajarannya yang telah memberikan Opini WTP ketiga kalinya bagi Pemda Konkep atas LKPD TA 2021.

“Atas kerjasama yang telah terbina dengan baik selama ini semoga di masa mendatang harapan kami dapat lebih ditingkatkan, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia Nya kita semua dalam melaksanakan tugas masing-masing,” tutup Amrullah.

Laporan : Aan Ahmad

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!