24.8 C
Kendari
Senin, September 26, 2022

Mahasiswa KKN UHO Sosialisai Literasi Digital di SMAN 1 Pondidaha

Konawe, Britakita.net

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) tahun 2022 mensosialisasikan literasi digital  di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pondidaha Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe.

KKN ini dilaksanakan di Desa Mumundowu selama 30 hari sejak 15 Agustus sampai 14 September 2022, dibawah  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) La Surimi, S. Si., M.sc serta  Apt. La Ode Muhammad Fitrawan, S. Farm., M. Sc.

Koordinator Desa (Kordes) KKN angkatan 2022 Muhammad Rabil Jantani Jaya mengatakan, KKN ini salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang mengintegrasikan pendidikan serta pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan mengikutsertakan para pelajar ditambah masyarakat.

“Selama 30 hari kami berada didesa ini guna menyalurkan apa yang telah kami dapat di bangku kuliah dengan cara memberi sosialisasi, pelatihan dengan berinteraksi langsung kepada masyarakat dan pelajar,” kata Rabil.

BACA JUGA :  ASN Malas Masuk Kantor, Kery Gembok Kantor OPD

Rabil menyebutkan jika peserta KKN ini melibatkan empat jurusan yakni farmasi sepuluh orang, ilmu komputer tiga orang, teknik Arsitektur satu orang dan jurusan ilmu Pemerintahan satu orang.

“Banyak hal yang sudah dilakukan didesa ini seperti salah satu contohnya kami baru saja menggelar sosialisasi literasi digital disalah satu Sekolah Menengah Atas didesa ini, akhir pekan lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, pemateri sosialisasi di SMA 1 Negeri 1 Pondisaha, Anjar Wahyudi memaparkan, kiterasi digital itu penting bagi masyarakat, karena dapat mengasah kemampuan orang — orang untuk berpikir kritis dan kreatif.

Literasi digital ini memang mempergunakan otak untuk menganalisis sesuatu secara kritis dan lebih bijak dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Sosialisasi literasi digital bertujuan menganalisis hal – hal yang didapat dalam platform digital. Dalam mengalisis sebuah informasi harus lebih hati hati dan lebih bijak.

BACA JUGA :  Serius Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat, Bupati Konawe Resmikan Puskesmas Megah di Amoggedo

“Apa lagi sekarang setiap orang dengan mudah mengakses informasi lewat sosmed, dengan banyaknya informasi yang didapat dengan beragam sumber perlu ketelitian serta bijak dalam menanggapi sebuah informasi yang beredar di sosmed,” ungkap mahasiswa dari jurusan ilmu komputer ini.

Ditempat yang sama Peserta KKN dari jurusan farmasi Siti Nurfadhal Syafrin menuturkan, masyarakat serta pelajar dipedesaan khususnya masih rentan terkena berita — berita hoax dan berita yang bersifat misinformasi.

Masyarakat cenderung terlalu percaya dengan berita yang ada di internet, padahal belum tentu berita tersebut benar.

“Sosialisasi ini kami gelar di tinggakt pelajar dengan harapan agar para pelajar bisa memberi edukasi kepada keluarganya sebisa mungkin dalam menggunakan sosial media agar lebih bijak dan tidak terprovokasi dengan adanya berita berita yang belum tentu benar,” tutupnya.

Laporan Redaksi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!