28.3 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

Lepas 931 Jamaah Calon Haji Sultra, Ali Mazi: Jika Sampai di Makkah Jangan Terlalu Banyak Gerakan Tambahan

Kendari, Britakita.net 

Sebanyak 931 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) ikuti pelepasan serta mujahada dan doa untuk kelancaran ibadah haji Tahun 1443 H, Senin 20 Juni 2022,

Dengan pelepasan serta doa bersama tersebut, diharapkan bisa melancarkan proses perjalanan menuju ke tanah suci Mekah hingga kembali dengan selamat.

Kegiatan ini digelar secara hybrid atau kolaborasi antara JCH secara daring (Online) dan luring (Offline) yang dipusatkan di Aula Kedatangan Arafah Asrama Haji Kendari.

Dari 17 Kabupaten Kota, 4 diantaranya mengikuti secara offline yaitu JCH Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Kepulauan, dan Konawe Selatan. 13 Kabupaten lainnya mengikuti secara online.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, menunaikan ibadah haji adalah keinginan setiap umat muslim, maka bersyukurlah bapak ibu yang hari ini diberi izin oleh Allah menunaikannnya.

“Menunaikan ibadah adalah dambaan setiap umat muslim, suatu kesyukuran bagi bapak dan ibu yang tahun ini bisa menunaikan ibadah haji, yang setelah sekian lama menunggu karena covid,” kata Ali Mazi saat menyampaikan sambutan.

BACA JUGA :  Peduli Korban Banjir, La Ode Ida Salurkan Bantuan Melalui NU Peduli Sultra

Orang nomor satu di Sultra berharap, agar semua calon jamaah haji meluruskan niatnya untuk ibadah, karena ini merupakan panggilan panggilan Allah.

“Kepada mereka, agar betul-betul keberangkatan haji ini menutur panggilan Allah, banyak yang punya uang kalau Allah belum berkehendak itu juga susah. Oleh karna ini panggilan Allah maka tentu niat kita untuk ibadah,” ungkapnya.

Ia menegaskan untuk JCH yang akan berangkat ke tanah suci, agar nantinya jika sudah berada di sana bisa mengurangi gerakan yang dianggap tidak penting, mengingat sekarang masih masa pandemi covid-19.

“Dan saya sampaikan jangan terlalu banyak gerakan-gerakan apalagi sekarang ditengah-tengah pandemi covid-19 tentu kita taat pada protokol kesehatan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Terungkap di RDP, Polemik Keberadaan PT Riota Jaya Lestari Teryata Ada Kejanggalan

Hal senada juga disampaikan Kepala Kemenag Sultra, Zainal Mustamin mengatakan, pelepasan JCH yang dirangkaikan dengan mujahada dan doa ini, diharapkan perjalanan haji bisa berjalan lancar.

“Hanya melakukan kegiatan ibadah dan kegiatan luar ibadah seperlunya, agar pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar dan bisa melaksanakan semua syarat-syarat rukun haji,” terangnya.

Untuk diketahui, JCH dari 17 Kabupaten Kota yang ada di Sultra yaitu, Kota Kendari terdiri dari 292, Kabupaten Konawe 72, Konawe Utara 12, Konawe Kepulauan 2 jamaah, Muna Barat 9 jamaah.

Kabupaten Buton 3 Jamaah, Muna 3 jamaah, Kolaka 160, Kota Bau-Bau 57 jamaah, Kolaka Utara 87 jamaah, Wakatobi 36 jamaah, Buton Tengah 14, Kab.

Kabupaten Kolaka 1 Jamaah, Konawe Selatan 23 jamaah, Bambana 24 jamaah,Buton Utara 14 jamaah dan Kolaka Timur 60 Jamaah dan 9 petugas pengawal jamaah haji.

Laporan : Rizal Saputra

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!