25.6 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Komitmen Tingkatkan Layanan Kesehatan, Bupati Bombana Resmikan Kantor PSC, Penanganan Medis Kini Lebih Cepat

Bombana .Britakita.Net

Sebagai bukti atas komitmennya pada peningkatan kesehatan bagi masyarakat, Bupati Bombana,Tafdil meresmikan Kantor Publik Safety Center (PSC) 119 pada , Senin 6 Juni 2022.

PSC merupakan inovasi layanan kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana berupa layanan gratis bagi masyarakat yang ada wilayah tersebut.

Dalam sambutanya Bupati Bombana Tafdil mengatakan, Pemda berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di daerah tersebut.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta Ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bombana.

“Sebagaimana tertuang dalam RPJMD tahun 2017-2022 dan sesuai Permenkes 19 Tahun 2016 Tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu,” kata Tafdil.

Dijelaskannya, PSC 119 merupakan pusat komunikasi dan tim reaksi cepat untuk memberikan pertolongan pertama pada kasus krisis kesehatan.

Krisis kesehatan yang biasanya terjadi di masyarakat diantaranya akibat bencana, kecelakaan kerja, kebakaran, dan kecelakaan lalulintas.

BACA JUGA :  Sambut HUT Korps Brimob ke-77, Brimob Polda Sultra Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah

Orang nomor satu di Bombana ini menyebut dalam pemberian pelayanannya PSC 119 bekerja sama dengan pelayanan kesehatan darurat yang sesuai secara bertahap.

“Tingkatkan kinerja dengan disiplin yang tinggi, tingkatkan kerjasama tim, tingkatkan pula kerjasama dengan lintas sektor, jangan lupakan sektor swasta, libatkan masyarakat, dan layani pelanggannya dengan hati,” tegas Tafdil.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kepala Dinkes Bombana, Darwin menjelaskan, pelayanan PSC 119 mirip dengan layanan unit gawat darurat (UGD).

Hanya saja terdapat perbedaan, seperti misalnya pada pelayanan UGD, maka orang yang membutuhkan pelayanan harus datang di rumah sakit setempat.

“Kalau PSC 119 tidak. Umpanya ada yang kecelakaan di mana dia kecelakaan di situ kita observasi. Di sana kita periksa kalau bisa selesai sampai di situ saja. Kalau tidak, kita bawa di RS,” jelas Darwin..

BACA JUGA :  Kejar Target 70 Persen, RSUD Konkep Buka Layanan Vaksinasi Seusai Tarawih, Disini Tempatnya

Dengan PSC 119, kata Darwin, tidak ada lagi kendala pemerintah tidak ada di tengah masyarakat. Dengan PSC 119 pemerintah akan memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan selamat.

Menurut mantan Kepala BKD Bombana ini, layanan PSC 119 juga terintegrasi dengan setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang ada di wilayah itu.

Bersamaan dengan peresmian Kantor PSC, Bupati Bombana juga menyerahkan tiga unit Ambulance yang dilengkapi dengan peralatan medis memadai.

Sementara untuk memberikan pelayanan di wilayah kepulauan, Pemda Bombana juga menyediakan Ambulance Laut.

“Kita sudah latih 35 orang petugas dari masing -masing wilayah. Nanti kita bagi sip. Di PSC memang harus 24 jam,” pungkasnya

Laporan: Fendi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!