Mudahkan Akses Pelayanan Kesehatan, Pemkab Bombana Resmikan Pembangunan Rumah Sakit di Pulau Kabaena 

waktu baca 2 menit
Senin, 10 Jun 2024 13:15 0 182 redaksi

Bombana, Britakita.net

Pembangunan Rumah Sakit Pratama tipe D di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, resmi dimulai pada Sabtu, 8 Juni 2024, yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Pj. Bupati Edy Suharmanto.

Pembangunan ini dilakukan secara bertahap, dimulai dengan anggaran 2 miliar rupiah pada tahun 2024. Rumah sakit ini dibangun untuk mengatasi kesulitan akses medis bagi masyarakat Kabaena, yang selama ini harus melakukan perjalanan laut yang jauh untuk mencapai RSUD Kabupaten Bombana.

Pada tahun 2023, terdapat 439 kasus rujukan dari Pulau Kabaena, termasuk 283 kasus rawat inap, menunjukkan kebutuhan mendesak akan fasilitas kesehatan lokal.

Edy Suharmanto menyatakan bahwa pembangunan RS Pratama ini adalah bukti komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Mudahkan Akses Pelayanan Kesehatan, Pemkab Bombana Resmikan Pembangunan Rumah Sakit di Pulau Kabaena 

“Pembangunan ini bisa selesai tepat waktu dan beroperasi pada akhir tahun 2024, mengatasi kendala jarak dan meningkatkan perawatan medis bagi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Darwin, menyambut baik pembangunan ini, yang diharapkan dapat menyelesaikan banyak masalah kesehatan akibat jarak antara Kasipute dan Kabaena.

“Proses rujukan yang memakan waktu lama akan dipersingkat, mengurangi risiko selama perjalanan,” jelasnya.

Selain rumah sakit, Pemkab Bombana juga memberikan bantuan dua unit ambulan, pembangunan enam masjid, dan bantuan Alquran untuk TPQ dan pesantren di Pulau Kabaena.

Peletakan batu pertama dihadiri oleh seluruh OPD, camat, lurah, dan kepala desa se-Pulau Kabaena.

Penulis : Fendi
Editor : Redaksi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!