28.3 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

Dompet Dhuafa Dukung Penguatan Gerakan Zakat di Sultra

Kendari, Britakita.net

Zakat merupakan salah satu tonggak yang terbukti mampu membantu mempersempit jurang kesenjangan ekonomi dan sosial di masyarakat kita saat ini.

Di Indonesia sendiri, potensi zakat yang sangat besar yang didukung jumlah populasi umat Islam yang berjumlah 231 juta jiwa, atau sekitar 86,88% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Dengan besarnya potensi zakat tersebut, dibutuhkan pengelolaan yang tidak hanya profesional tapi juga kolaboratif dengan melibatkan banyak pihak.

Gagasan kolaboratif dalam pengelolaan zakat inilah yang menjadi pembahasan utama dalam Halal Bi Halal LAZ se-Sultra yang digelar Selasa 31/5/2022.

BACA JUGA :  Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Wuling Kendari Gelar WEW

Halal Bi Halal LAZ se-Sultra yang digelar di Kantor IZI ini diikuti 5 Lembaga Amil Zakat (LAZ) yaitu Dompet Dhuafa, Baitul Maal Hidayatullah, Inspirasi Zakat Indonesia, Wahdah Inspirasi Zakat, serta Global Zakat (ACT).

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sultra, Hassan Affid dalam keterangan persnya menegaskan jika, gerakan zakat harus terus diperkuat.

“Ikhtiar tersebut dilakukan salah satunya dengan cara melakukan koordinasi secara berkala antar LAZ se-Sultra,” terang Hasan.

BACA JUGA :  Edarkan Barang Haram, Mahasiswa di Kendari Ditangkap Polisi

Untuk koordinasi bulan ini selain agenda halal bi halal juga dibahas rencana kolaborasi dalam pengelolaan hewan Kurban.

“Dipetakan LAZ-LAZ yang mampu menyuplai hewan kurban , LAZ-LAZ yang mampu menyalurkan hewan kurban, dan pemetaan penyaluran daging kurban di 17 kab/kota di Sultra,” jelas Hasan.

Dirinya berharap, dengan penguatan koordinasi melalui forum bersama ini dapat menguatkan gerakan zakat di Sultra.

“Semoga forum ini dapat saling menumbuhkan antar LAZ se-Sultra, dan tentunya makin menguatkan gerakan zakat di Bumi Anoa,” pungkasnya.

Laporan Redaksi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!