25.5 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Paripurna HUT RI ke 77, Bupati Konkep Paparkan Pencapaian Visi Wawonii Bangkit

Konkep, Britakita.net

Bupati Konkep Ir. H. Amrullah, MT mememaparkan pencapaian visi Wawonii Bangkit yang merupakan akronim dari Berkembang, Kompetitif dan Tangguh, sebagai visi politik pembagunan lima tahun dari 2021 – 2026.

Pencapaian visi tersebut dipaparkan dalam rapat paripurna istimewa HUT RI ke-77 DPRD Konkep, yang dilaksanakan di Aula DRPD Konkep, pada Selasa, 16 Agustus 2022, pukul 09:00 Wita.

Rapat paripurna dihadiri Wakil Bupati Konkep, Andi Muh Lutfi, SE., MM, Ketua DPRD Konkep Ishak, SE, anggota DPRD Konkep, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM.

Selain itu turut hadir juga anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), staf ahli, asissten, jajaran KPU dan Bawaslu, tokoh agama, pemuda dan komponen masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Konkep dua periode ini mengungkapkan seluruh warga negara Indonesia termasuk di Konkep, patut bersyukur karena merasakan nikmatnya udara segar Kemerdekaan RI.

Walaupun masih dalam suasana pandemi Covid19, namun hal ini tidak menghilangkan makna kemerdekaan bangsa kita tercinta. Karena dibalik semua ini pasti ada hikmah.

Amrullah juga menjelaskan, perlu disadari bersama bahwa kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang sangat fundamental, karena mengandung makna bahwa kita dapat benar-benar terbebas dari adanya penjajahan.

Tidak hanya itu, juga hak untuk menentukan kemana arah perjalanan bangsa ini ke depan. Kemerdekaan yang kita rasakan juga tidak terlepas dari pengorbanan yang tidak ternilai harganya dari founding fathers.

Para perintis kemerdekaan, para pejuang, para syuhada, yang telah dengan ikhlas menyerahkan harta benda, darah, dan bahkan nyawa sekalipun,” kata Amrullah.

BACA JUGA :  Jadi Primadona di Pameran HKG PKK, Minyak Goreng Khas Konkep Diborong Ratusan Warga Hingga Gubernur Sultra

Orang nomor satu di Konkep itu juga menyampaikan, pencapaian yang dinikmati saat ini, tidak terlepas dari peran semua komponen bangsa yang bekerja keras, bekerja nyata, dan berjalan searah menuju cita-cita bersama.

Oleh karena itu, lanjutnya, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77, ini, yang secara nasional memiliki tema“Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Dengan tema ini, diharapkan dapat semakin memperkuat integritas kita sebagai bangsa yang utuh dan mampu bergerak dengan cepat dan bangkit bersama-sama.

Selain itu, juga bisa membawa bangsa kita menjadi lebih kuat dan tangguh dalam mencapai pemulihan sendi-sendi kehidupan masyarakat khususnya di Konkep.

“Sejalan dengan tema HUT RI ke-77, visi pembangunan yang diemban dalam lima tahun yaitu 2021 sampai 2026 yakni menuju Wawonii bangkit berkembang, kompetitif dan tangguh, dalam bingkai lingkaran hati emas,” terangnya.

Ketua Partai Demokrat Konkep ini juga menegaskan visi Wawonii Bangkit telah diimplementasikan melalui Wawonii Cerdas, Wawonii Sehat, Wawonii Produktif, Wawonii Berbudaya dan Wawonii Peduli.

Dijelaskannya, jika Wawonii Bangkit hanya bisa kita wujudkan melalui kolaborasi seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Konkep, dengan bergandeng tangan, bahu membahu menghilangkan perbedaan dan bersatu membangun daerah.

BACA JUGA :  Paripurna HUT Konkep ke-9, Ketua DPRD: Momentum Untuk Motivasi Pembangunan

“Oleh karenanya, melalui kesempatan ini saya ingin mengajak kita semua untuk saling bergandeng tangan, bahu membahu menghilangkan perbedaan dan bersatu untuk membangun daerah kita yaitu Konkep,” harap Amrullah.

Dipaparkannya, Amrullah, MT meenaskan, beberapa indikator visi Wawonii Bangkit telah tercapai di antaranya perekonomian tumbuh dari minus 0.63 persen tahun 2020 menjadi 2.3 persen tahun 2021.

Angka kemiskinan turun dari 18,1 persen tahun 2017 menjadi 17,81 persen tahun 2021. Tingkat pengangguran terbuka turun dari 3,14 persen tahun 2015 menjadi 1,83 persen tahun 2021.

Selain itu, indeks pembangunan manusia meningkat dari 61,15 Tahun 2013 menjadi 65,73 Tahun 2021 dan angka harapan hidup meningkat dari 64,81 Tahun 2013 menjadi 68,43 Tahun 2021.

Tidak hanya itu, lanjut Amrullaj, dirinya juga mengaku telah mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, yakni dengan Sistem Akuntasi Kinerja Pemerintah yang diganjar nilai B.

Selanjutnya, tata kelola keuangan yang sudah 3 kali berturut-turut dari tahun 2019, 2020 dan 2021 mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah berada pada kategori sedang, indeks inovasi daerah berada pada peringkat 86 nasional dan peringkat 2 dari 1 kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara,” pungkasnya. AdV

Laporan : Aan Ahmad

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!