25.6 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Nahkodai HKTI Sultra, Andi Sumangerukka Optimis Sejahterakan Petani 

Kendari, Britakita.net

Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masa bakti 2022-2027.

Andi Sumangerukka terpilih pada Musyawarah Provinsi (Musprov) HKTI ke 2 yang diikuti 14 DPC HKTI se Sultra, yang digelar di salah satu hotel di Kota Kendari pada Sabtu malam, 11 Juni 2022.

Usai terpilih, mantan Pangdam XIV Hasanuddin ini berterimakasih kepada DPC HKTI se-Sultra atas amanah yang dipercayakan kepadanya untuk memimpin HKIT Provinsi Sultra.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan pengurus DPC HKTI se Sultra untuk memimpin DPD HKTI Provinsi Sultra,” kata Andi Sumangerukka kepada wartawan saat ditemui di Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari pada Minggu, 12 Juni 2022.

BACA JUGA :  Pengurus DPD KNPI Sultra Versi Haris Pratama Resmi Dilantik

Sebagai acuan bagi dirinya kala mengemban amanah sebagai Ketua HKTI Sultra, Andi Sumangerukka menegaskan tidak akan keluar pada visi dan misi sejarah berdirinya HKTI.

“Tugas dan fungsi pokok hadirnya HKTI adalah mensejahterakan kehidupan petani. Inilah tugas utama yang menjadi konsen kita semua,” tegasnya.

Mantan Danrem 143 Halu Oleo ini mengatakan, selain visi misi HKTI yang dijalankan, tentunya ada tugas pokok jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang harus segera dikerjakan secara bersama-sama.

Untuk jangka pendek, HKTI Provinsi Sultra akan membantu petani mengurus sertifikat tanahnya, sehingga memiliki legalitas resmi dari pemerintah.

Untuk tahap awal, HKTI Sultra bekerjasama dengan Kanwil BPN Sultra untuk membantu 1000 petani mengurus sertifikat.

BACA JUGA :  Terungkap di RDP, Polemik Keberadaan PT Riota Jaya Lestari Teryata Ada Kejanggalan

“Tahun ini, kami programkan seribu sertifikat untuk petani di Sultra. Kita akan bantu pengurusannya. Makanya kami akan inventarisir petani yang mengalami kesulitan mengurus sertifikat tanahnya,” jelasnya.

Selain itu, pengurus HKTI Sultra juga akan melakukan konsolidasi pembentukan pengurus DPC HKTI di 3 kabupaten dan kota.

“Sekarang pengurus DPC HKTI yang sudah terbentuk sebanyak 14 DPC. Masih ada dua kabupaten dan satu kota yang belum terbentuk kepengurusannya,” terang mantan Kepala BIN Daerah Sultra ini.

Kabupaten yang dimaksud, yakni Kabupate Wakatobi dan Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Kemudian DPC Kota Bau-bau juga belum terbentuk.

Laporan : Rizal Saputra

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!