30.6 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

Konawe Selatan Diguncang Gempa M 3,4, Terasa hingga di Kendari

Konawe Selatan, Britakita.net

Gempa bermagnitudo 3,4 mengguncang wilayah Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada Jumat, 29 Juli 2022 sekitar pukul 16.31 Wita.

Gempa terletak di 4.06 Lintang Selatan – 122.47 Bujur Timur. Gempa berada di Timur Laut Mowila, Konsel, kedalaman 7 kilometer laut.

BACA JUGA :  Sempat Viral, Statement Kabid Minerba Dibantah Gubernur Sultra

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin mengatakan dari hasil analisis gempa bumi yang terletak pada koordinat 4.06 LS, 122.25 BT.

Menurutnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal, akibat aktivitas sesar Lainea di Timur Laut Mowila.

“Getaran dirasakan di Ranomeeto (Konawe Selatan) dan Baruga (Kendari). Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan getaran dirasakan nyata dalam rumah,” tuturnya.

BACA JUGA :  Rumah ke Rumah, Cara Ir. Andi Sulolipu Serap Aspirasi Masyarakat

Rudin menambahkan, bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami serta tidak ada gempa bumi susulan hingga pukul 16.50 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Laporan: Adh

 

 

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!