25.5 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

DPD LAT Bombana Resmi Dilantik, Agustamin Saleko: Perkuat Sinergitas Antar Lembaga Adat

Bombana: Beritakita.net – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dilantik.

Pelantikan dipimpin langsung Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LAT Sultra Masyhur Masie Abunawas di Pelataran Ex. MTQ Bombana, Minggu (23/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, dilantik dan ditetapkan Agustamin Saleko sebagai Ketua DPD LAT Bombana, dan Rimbu selaku Sekretaris serta Nur Piyarni Mahmud sebagai Bendahara.

Dalam sambutannya Ketua DPP LAT Sultra, Masyhur Masie Abunawas mengatakan kehadiran LAT di Wonua Bombana diharapkan dapat berkontribusi terhadap pembangunan Daerah.

“Saya harap LAT Bombana dapat bersama sama dengan Pemerintah dan Masyarakat untuk berkontribusi untuk Daerah,” terang Mantan Walikota Kendari tersebut.

Ia juga menegaskan, masyarakat Tolaki merupakan masyarakat yang taat terhadap hukum, hal itu sesuai falsafah hidup ‘Inae Konasara Ieto Pinesara, Inae Lia Sara Ieto Pinekasara’.

Menurutnya, falsafah hidup masyarakat Tolaki ttersebut berarti siapa saja yang mentaati atau menjunjung tinggi hukum adat akan dimuliakan, dan siapa saja yang melanggar hukum adat akan diberi sanksi atau dikucilkan.

“Jangan ciptakan perbedaan, mari kita hilangkan perbedaan jika itu bisa mengganggu persatuan dan kesatuan,” tegas Masyhur Masie Abunawas.

BACA JUGA :  Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Bombana Dukung Keberadaan PT Jhonlin 

Dikesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina LAT Provinsi Sultra Lukman Abunawas menegaskan, demi kemajuan kebudayaan maupun adat maka harus menghargai pemerintah.

Selain itu, rasa menghargai juga harus diberikan kepada para tokoh adat, tokoh agama, dan patuh pada aturan dan sinergitas antar lembaga di pelihara dengan baik.

Mantan Bupati Konawe dua periode tersebut juga menjelaskan, berdasarkan implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, bahwa pemerintah memberikan perlindungan hak hak terhadap keberadaan budaya adat istiadat.

“Semua itu satu kesatuan yang harus sikron yang ada pada wilah tersebut,” tegas Lukman Abunawas yang juga Wakil Gubernur Sultra ini.

Sementara itu, Ketua DPD LAT Bombana Agustamin Saleko dalam sambutanya mengungkapkan, apresiasi setinggi tinggi terhadap pemerintah daerah yang yang telah mendukung terlaksananya pelantikan pengurus LAT Bombana periode 2022 – 2027.

“Eksitensi lembaga adat Tolaki di Bombana bukan ingin mengganggu budaya yang telah tertanam kokoh di Kabupaten Bombana, namun lebih pada sinergitas antar lembaga adat di Wonua Bombana,” terang Agustamin Saleko.

Senada dengan itu, Penjabat Bupati Bombana Burhanudin juga menuturkan, jika kehadiran lembaga adat Tolaki di Wonua Bombana menambah energi pemerintah untuk terus memajukan daerah.

BACA JUGA :  Tekan Kenaikan Harga Pasar di Bulan Ramadhan, Disperindag Bombana Akan Gelar Pasar Murah

Terutama dalam rangka memajukan kesejahteraan masyarakat Sultra secara umum dan masyarakat Bombana secara khusus. Menurutnya juga, dasar keberagama budaya di wilayah ini adaalah modal dasar kemajuan.

“Saya berharap partisipasi masyarakat terkhusus Kabupaten Bombana untuk kita sama sama memajukan daerah ini, untuk berkolaborasi sesama pemangku adat terlebih keamanan tetap kondusif tujuan utamanya mensejahterakan rakyat,” tutup Burhanuddin.

Turut hadir dalam pelantikan Pengurus DPD LAT Bombana tersebut yakni Ketua TP PKK Kab Bombana Fatmawati Kasim Marewa S. Sos, Sekjen LAT Drs. Bisman Saranani., M. Si, Ketua DPRD Bombana Arsyad, Mantan Bupati Bombana Tafdil, Wakil Ketua I DPRD Bombana Ardi, Dandim 1413/Buton diwakili Babung Serma Tasbi.

Selain itu, tutur hadir juga Kapolres Bombana AKBP Teddy Arief Sulistyo, SH.,SIK. MH, Kepala Kejaksaan Negeri Bombana Agung Sugiharto S, Kom., SH, Sekda Bombana Drs Man Arfa, M. Si.

Tidak hanya itu, sejumlah tokoh adat juga turut hadir diantaranya yang mewakili Mokole Pouno Rumbia, Mokole Poleang dan Mokole Tokotu’a dan para tamu undangan lainnya.

Penulis : Fendi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!