23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Wali Kota Kendari Dukung Langkah APEKSI Korwil VI Dalam Penguatan Mitigasi Bencana

Kendari, Britakita.net

Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir mendukung langkah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah VI (Sulawesi, Maluku, Papua) dalam penguatan mitigasi bencana.

Hal tersebut diungkapkan Sulkarnain Kadir saat menghadiri Workshop Pengurangan Resiko Bencana yang diselenggarakan APEKSI Komisariat Wilayah VI di Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng).

Workshop bertema ‘Mitigasi dan Sinergitas Dalam Mengurangi Resiko Bencana’ yang diselenggarakan disalah satu hotel di Kota Palu, dimulai 13 – 15 Juli 2022 ini merupakan kerja sama Pemerintah Kota Palu dan APEKSI Kanwil VI.

Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir menjelaskan, dari pertemuan ini banyak yang bisa diambil dan diterapkan di Kota Kendari, salah satunya strategi dalam upaya mengatasi bencana.

“Banyak hal yang kami bahas dalam pertemuan ini, salah satunya merumuskan langkah-langkah strategis dalam upaya metigasi bencana,” terang Sulkarnain Kadir, Kamis (14/7/2022).

BACA JUGA :  Pengurus Pordi Sultra Resmi Dilantik, Andi Sumangeruka Didaulat Jadi Dewan Penasehat

Selain langkah strategi migasi bencana, pertemuan ini bisa meningkatkan sinergisitas anata anggota APEKSI Komwil VI yang terdiri dari Sulawesi, Maluku dan Papua.

“Yang terpenting memperluas sinergi antar kota anggota APEKSI Komwil VI dalam mengurangi resiko Bencana,” kata Sulkarnain Kadir.

Menurut Politisi PKS ini, Workshop yang dihadiri ini berguna bagi Kota Kendari, sebab bisa meningkatkan kesiapan dalam mengurangi resiko bencana.

“Workshop ini berguna dalam meningkatkan pemahaman atas seluk beluk kebencanaan, dan tentunya meningkatkan kesiapan kota-kota yang tergabung dalam APEKSI Komwil VI dalam mengurangi resiko bencana,” tutupnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya Direktur Strategi Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo menyampaikan, 98 persen bencana di Indonesia seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, puting beliung dan trend bencana dari tahun ketahun naik.

BACA JUGA :  Lestarikan Budaya Silat, Dompet Dhuafa Sultra Luncurkan Program Serambi Budaya 

“Bencana adalah peristiwa yang sering berulang dan alami, dan seluruh wilayah di Indonesia rawan bencana,” ujar Agus Wibowo sebagai keynote speaker mewakili Kepala BNPB, dengan tema; Manajemen Kebencanaan – Peta Kebencanaan, Sebagai Upaya Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana.

Dalam Workshop ini, selain Direktur Strategi Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo, presentasi juga dbawakan Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Palu tentamg Paradigma Pengelolaan Bencana di Indonesia.

Selain itu, Wali Kota Palu tentang Recovery Palu Pasca Bencana, serta Kalaksana BPBD Kota Palu tentang Mitigasi dan Sinergitas dalam Mengurangi Risiko Bencana.

Laporan : Rizal Saputra

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!