23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Vidio Anoa di Routa Viral, BKSDA: Kami Akan Cek Lokasi PT SCM Masuk Kawasan atau Tidak

Kendari, Britakita.net

Vidio penampakan Anoa yang merupakan Hewan Endemik Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Viral dimedia sosial. Penampakan Hewan yang sangat langkah itu ditemukan di Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe yang direkam oleh salah satu pekerja PT Sulawesi Cahaya Mineral (SCM) dengan durasi beberapa detik saat merambah hutan untuk pembukaan lahan perusahaan.

Dalam vidio yang beredar diseluruh media sosial, hewan bernama latin Babulus itu terlihat sedang mencari makan bersama seekor anaknya yang masih bewarna kecoklatan. Dalam vidio tersebut juga terlihat bekas penggusuran lahan menggunakan alat berat dimana ada beberapa pohon yang telah tumbang.

Menyikapi kemunculan hewan yang dilindungi Undang-undang itu, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sakrianto Djawie  mengatakan, kemunculan hewan itu berada disalah satu kawasan pertambangan PT. SCM di Kabupaten Konawe.

BACA JUGA :  Naik Pangkat, Kapolres Wakatobi Guyur Air 19 Personelnya

“Tadi itu kita sudah identifikasi lokasi kemunculan satwa Anoa itu, ternyata di perbatasan dengan kawasan hutan produksi di Kecamatan Ruota, berbatasan langsung dengan Lokasi IUP PT. SCM,” kata Sakrianto Djawie saat ditemui, Senin (6/6/22).

Terkait kemunculan satwa tersebut, pihaknya akan melakukan tinjauan lapangan bersama pihak perusahaan untuk memastikan apakah hewan itu sudah sering muncul atau tidak.

“Tadi saya suru anggota untuk koordinasi dengan PT. SCM, nanti kita akan adakan upaya dengan pihak perusahaan dan pihak lainnya untuk identifikasi sejauh mana persebaran atau jelajah satwanya,” bebernya.

BACA JUGA :  Mahasiswa di Kolaka Tewas Tenggelam Saat Liburan di Pantai

Menurutnya, pantauan lapangan yang dilakukan tersebut untuk memastikan apakah aktifitas PT. SCM sudah melewati kawasan hutan produksi atau belum.

“Kita sudah koordinasikan dengan pihak perusahaan, untuk tindak lanjutnya nanti kita sama-sama identifikasi lokasi kemunculan satwa itu. Kita akan lihat, apakah posisi PT. SCM ini terlalu masuk ke dalam atau bagaimana,” tegasnya.

Untuk diketahui, Anoa tergolong satwa liar yang langka bahkan keberadaannya habitat tersebut hampir punah. Dalam undang-undang (UU) satwa ini tergolong hewan yang dilindungi UU Tahun 1993 dipertegas dalam UU No. 5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999.

Laporan: Rizal

Editor: Upi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!