Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Jiwa bagi Warga Binaan, LPP Kendari bersama HIMPSI Sultra Lakukan Skrining

waktu baca 1 menit
Selasa, 8 Nov 2022 14:18 0 406 redaksi

Kendari, Britakita.net

Lapas Perempuan Kelas III Kendari bekerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Sulawesi tenggara melakukan Skrining Kesehatan kepada warga binaan LPP Kendari, Senin, (07/11/2022).

Skrining kesehatan yang dilakukan kali ini yaitu skrining kesehatan jiwa yang diikuti oleh 88 orang warga binaan LPP Kendari.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut atas Perjanjian Kerja Sama bersama HIMPSI yang telah dilakukan sebelumnya, juga sebagai bentuk komitmen jajaran Lapas Perempuan dalam meningkatkan pemberian Pelayanan Kesehatan kepada warga binaan, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa atau mental.

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Jiwa bagi Warga Binaan, LPP Kendari bersama HIMPSI Sultra Lakukan Skrining

Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Andi Wirdani Irawati dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk deteksi dini untuk mengetahui tingkat psikologis, tingkat kecemasan juga tingkat stress warga binaan.

“Dengan dilakukannya skirining, nantinya akan diketahui warga binaan mana yang membutuhkan konseling lebih lanjut. Sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan jiwa pada warga binaan,” ungkap Wirdani.

Sebelum dilakukan skrining, tim HIMPSI mengajak warga binaan untuk bermain games. Kemudian membagikan kuisioner yang berisi 40 butir pertanyaan untuk mengetahui kondisi kejiwaan warga binaan saat ini.

“Hasil skrining selanjutnya akan dianalisa dan hasilnya akan menjadi acuan dalam memberikan konseling dan therapy kepada warga binaan yang membutuhkan,” ujar Ayub Djafar selaku ketua HIMPSI wilayah Sultra.

Laporan: Rahim

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!