Sosialisasi JDIH, Bawaslu Sultra Kunjungi FH Unsultra

waktu baca 2 menit
Jumat, 11 Nov 2022 20:20 0 467 redaksi

Kendari, Britakita.net

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sultra mengunjungi Fakultas Hukum (FH) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

Dalam kunjungannya yang diterima langsung Dekan FH Unsultra, Dr La Niasa itu, Bawaslu Sultra mensosialisasikan jaringan dokumentasi dan informasi hukum (JDIH) Bawaslu yang baru saja dilaunching.

Komisioner Bawaslu Sultra yang juga pembina Tim Pengelola JDIH Bawaslu Sultra, Bahari menuturkan bahwa kunjungan ke FH Unsultra dilakukan untuk menyebarluaskan JDIH Bawaslu kepada masyarakat luas, khususnya kepada civitas akademika. Sebab, kata dia, kampus merupakan salah satu kelompok strategis pengawasan Pemilu.

“Membangun kesadaran hukum Pemilu merupakan syarat pokok dari tegaknya integritas Pemilu. Melalui JDIH Bawaslu, masyarakat luas dapat mengakses segala produk hukum mengenai Pemilu dan Pemilihan secara gratis dan mudah, terlebih lagi bagi masyarakat kampus yang mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan fungsi pengawasan partisipatif,” tuturnya, Rabu (9/11).

Mantan Tim Asistensi Bawaslu Sultra ini juga menyatakan bahwa gerakan penyebarluasan JDIH Bawaslu ke kampus dikarenakan kampus merupakan salah satu kelompok strategis Bawaslu untuk bersama-sama mengawasi setiap proses penyelenggaraan pemilu.

“JDIH Bawaslu ini memuat banyak sekali dokumen dan informasi hukum Pemilu, yang dengan mudah dapat diakses oleh mahasiswa dan para tenaga pendidik yang membutuhkan referensi soal pengawasan dan penegakkan hukum Pemilu. Karena informasi dalam JDIH Bawaslu merupakan informasi yang sudah terverifikasi, sehingga dapat dinilai sebagai informasi yang akurat dan kredibel. Sehingga publik tidak perlu ragu akan orisinalitas dari dokumen dan informasi hukum yang tersedia pada JDIH Bawaslu,” terangnya.

Ia menambahkan, kunjungan ke Unsultra merupakan kunjungan pertama dan akan terus dilakukan ke kampus-kampus maupun ke kelompok-kelompok masyarakat lainnya, sehingga bisa menyasar semua kalangan.

“Ini kunjungan pertama, kedepan kita akan sasar kampus dan masyarakat lainnya. Jadi, setiap kunjungan kami memasang banner dilokasi yang strategis di dalam kampus. Banner ini kami namai Pojok JDIH Bawaslu. Setiap orang dapat langsung memindai barcode yang sudah kami pasang dan akan langsung terhubung dengan laman Jdih.bawaslu,go.id,” tambahnya.

“Masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi JDIH Bawaslu versi mobile melalui play store di handphone masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FH Unsultra, Dr La Niasa menyambut baik kunjungan Bawaslu Sultra ke kampus yang dijuluki sebagai “Kampus Seksi” tersebut.

Dirinya juga berjanji akan memfasilitasi Bawaslu Sultra dalam menyebarluaskan program JDIH Bawaslu, serta berharap akan terjalin kerjasama yang baik dimasa mendatang.

“Kami pada dasarnya siap menjalin kerjasama dengan Bawaslu Sultra. Kedepan kita perlu membicarakan lebih lanjut program kerjasama seperti apa yang bisa kita lakukan,” tandasnya.

Laporan: Mar

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!