23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Petani Cabai Ramai-ramai Jual Hasil Panen Demi Baju Lebaran, Harga Cabai di Pasaran di Kota Kendari Turun Drastis

Kendari, Britakita.net

Sepekan menjelang hari raya idul fitri 1443 H, harga cabai di sejumlah pasar di Kota Kendari turun drastis hingga Rp 20 ribu per liter.

Hasil pantauan BRITAKITA.net Selasa 26 April 2022 di Pasar Korem Pasar Sentral Kota Lama, cabai awalnya dihargai Rp 40 ribu per liter, kini hanya Rp 25 ribu per liter.

Salah seorang penjual rempah-rempah bumbu dapur di Pasar Sentral Kota Lama La Idil mengatakan, turunnya harga cabai ini disebebkan karena banyak petani menjual cabang hasil panennya.

“Hasil-hasil tani yang dibawah dari kampung untuk dijual di kendari. Rata-rata kan orang panen, untuk kejar beli baju lebaran,” kata La Idil saat ditemui di kiosnya, Selasa 26 April 2022.

BACA JUGA :  Napi Healing ke Lokasi Tambang di Konut, Karutan Kelas IIA Kendari Kaget

Menurutnya, saat ini memang masa panen untuk tananman cabai dan cabai yang telah dipanen memang harus segera dijual ke pasar.

“Kalau tidak dipanen pohonya akan rusak, jadi harus dipanen, jadi untuk dekat-dekat ini masi mau turun itu harganya,” jelas La Idi.

Hal senada juga diungkapkan pedagang lainnya, Johra yang seharinya berjualan di Pasar Korem. Meski menurun, namun dirinya berkeyakinan hal itu tidak akan lama.

BACA JUGA :  Baliho Terpasang di Reklame Tetap Ditertibkan, Anggota DPD RI: Pemkab Bombana Punya Aturan Sendiri?

Dirinya meyakini, dalam waktu dekat harga cabai ini akan mengalami kenaikan, yakni pada sehari atau dua hari menjelang Idul Fitri.

“Dua hari yang akan datang ini pasti akan naik, karna pasti banyak yang butuhkan apalagi mau dekatmi lebaran,” tegas Johra.

Sementara itu, salah seorang pembeli yang ditemui BRITAKITA.net, Dedi mengaku bersyukur dengan penurunan harga cabai.

“Turunnya harga cabai ini adalah hal yang baik untuk kami, apalagi sekarang ini harga minyak mahal. Baguslah kalau dia turun, supaya ada untungnya sedikit kami jual gorengan,” terang Dedi.

Laporan: Rizal Saputra

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!