23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Pemkab Konawe, Bulog dan Kadin Bersinergi Perkuat UMKM

Konawe, Britakita.net

Kolaborasi program antar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Konawe bersama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) cabang Konawe akan menyasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu tujuan pada rantai distribusi terbawah dari barang kebutuhan pokok dan penting untuk hajat hidup orang banyak.

Hal itu diungkapkan Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar Papua, ST saat audiensi bersama Kepala Dinas Perindustrian (Disperindag) Konawe, H Jahiuddin, SSos MSi dan Kepala Cabang Perum Bulog Konawe,Yusran Yunus di Kantornya di Unaaha, Kamis (19/5/2022).

Menurut Yusran, bahwa dengan kehadiran Perum Bulog terkait upaya stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok dan penting (Bapokting) di daerah relatif efektif untuk meredam gejolak yang ada saat melonjaknya harga dan terjadinya kelangkaan barang kebutuhan pokok di masyarakat, akibat dari mekanisme pasar yang berujung dengan terhambatnya distribusi yang mengakibatkan pasokan ke pedagang dan pengecer melambat.

BACA JUGA :  Pengumuman Devisi Crew Umum Smelter dan Devisi Operator Loader PT VDNI

“Seperti kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng yang baru saja terjadi. Itu sangat terasa pada pendapatan pedagang dan pengecer. Konsekuensinya, berdampak pada menurunnya pendapatan pedagang yang menjadi bagian dari UMKM kita serta berpengaruh terhadap daya beli masyarakat akibat kelangkaan pasokan minyak goreng bersubsidi,” ujar Ketua Kadin Konawe.

Dari sinilah, Kata Yusran bahwa jalinan kolaborasi program antara Kadin dan Bulog Cabang Konawe diperkuat agar bisa lebih memposisikan peran UMKM sebagai pelaku usaha yang ada di dalamnya melalui skema yang disepakati bersama dan akan tertuang dalam nota kesepahaman (MOU).

BACA JUGA :  BLUD RS Konawe Terima Bantuan 50 Tabung Oksigen

“Tidak hanya sebatas minyak goreng saja, tetapi komoditas lainnya pun akan kita sinergikan dalam program kolaborasi ini. Seperti beras, gula pasir, daging sapi serta beberapa komoditas dari 12 bahan pokok penting sebagai kebutuhan dasar masyarakat yang menjadi bagian dari perhatian Kadin Konawe,” ungkap Yusran.

Untuk diketahui, kolaborasi ini juga bakal melibatkan Pemkab Konawe dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Konawe. Peluang ini nantinya diharapkan bisa memberikan dampak signifikan terhadap pelaku UMKM.

Laporan: Komar

Editor: Upi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!