Titin KSK Perkenalkan Gaun Motif Daun dan Ulat Sagu

waktu baca 1 menit
Senin, 6 Mar 2023 02:38 0 378 redaksi

Konawe, Britakita.net

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe, Titin Nurbaya Saranani memperkenalkan desain gaun motif daun dan ulat sagu pada malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Konawe, Jumat (3/3/2023).

Pada kesempatan itu, wanita yang akrab disapa Titin KSK (Kery Saiful Konggoasa) itu menampilkan dua koleksi kain tenun yang merupakan buah karyanya.

Koleksi busana Titin tersebut diperagakan oleh finalis Putri Indonesia tahun 2014, Endang Mahari dan finalis Putri Wisata 2022, Egi.

Titin mengungkapkan, alasan dirinya membuat desain tenunan tersebut karena d dirinya ingin melestarikan salah satu kearifan lokal di Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya di Kabupaten Konawe.

Titin KSK Perkenalkan Gaun Motif Daun dan Ulat Sagu

“Suku Tolaki makanan pokoknya selain nasi, juga olahan sari sagu, yakni sinonggi. Dan sekarang bukan hanya masyarakat Tolaki saja yang suka sinonggi, berbagai macam etnis yang sudah menetap di Konawe ini sudah senang dengan makanan khas Tolaki itu,” ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Konawe itu menambahkan, saat ini tanaman sagu sudah berkurang populasinya. Ia pun termotivasi untuk melestarikannya melalui motif desain busana.

“Kalau kita tidak lestarikan tanaman sagu ini, kita akan kesulitan mencari bahan dasar sinonggi nantinya. Kondisi inilah yang memotivasi saya untuk melahirkan karya busana motif daun dan ulat sagu,” ungkap anggota DPRD Provinsi Sultra itu.

Laporan: Mar

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!