23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Lantik Ratusan Guru PPPK, Pemda Bombana Alokasikan Rp 14 Miliar Untuk Gaji Setahun

Bombana.Britakit.Net.

Bupati Bombana, Tafdil melantik ratusan guru sekolah dasar dari formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap II.

Pelantikan ini dirangkaikan dengan penyerahan SK sebagai guru bagi PPPK yang sebelumnya telah mengabdikan diri bertahun-tahun lamanya sebagai hononer.

Dalam sambutannya, Tafdil menyebut, Pemda Bombana telah melantik PPPK untuk tahap I dan II dengan jumlah keseluruhan sebanyak 300 orang guru.

“Masa berlaku Surat Keputusan status pegawai kontrak hanya berlaku 3 tahun terhitung sejak penandatanganan yakni per 8 April 2022 dan akan berakhir pada tahun 2025,” terang Tafdil.

BACA JUGA :  Inspektorat Bombana: Kades Berulah Siap-siap Diproses Hukum dan Diekspos Media

Ia juga menjelaskan, dengan adannya PPPK di daerah maka kebijakan pemerintah pusat untuk menghapus pegawai honorer tidak akan berpengaruh.

Meskipun meski kehadiran PPPK di daerah juga menjadi beban keuangan. Sebab, awalnya gaji PPPK jadi beban pusat, namun akhirnya menjadi beban keuangan daerah.

Menurutnya, atas adanya formasi PPPK saat ini, daerah perlu menyiapkan anggaran sebanyak kurang lebih Rp 14,4 milar untuk gaji PPPK selama setahun.

“Awanya PPPK ini akan digaji oleh pemerintah pusat. Tapi ternyata dikembalikan kepada daerah. Sehingga kuota kita menyesuaikan dengan APBD Bombana,” jelas Tafdil.

BACA JUGA :  Pasar Murah di Bombana di Serbu Emak-emak

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bombana, Arsad menyebut PPPK untuk tahap II ini berjumlah 118 ditambah dengan tahap I 182 orang.

Dirinya berharap ratusan PPPK yang telah dilantik dapat bekerja maksimal untuk sama-sama meningkatkan indeks pendidikan di Kabupaten Bombana.

“Bekerja dengan loyal, sesuai tugas yakni mengajar dengan baik di sekolah, mengingat masa kontrak kerja sesuai SK hanya berlaku tiga tahun dan bisa diperpanjang joka hasil evaluasi kerja memenuhi syarat,” tutup Arsad.

Penulis. :Fendi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!