28.3 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

Kadin Konawe Bersinergi dengan Pemkab Kembangkan UMKM dan Industri

Konawe, Britakita.net

Visi-misi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Konawe, Yusran akbar untuk mendukung program UMKM bukan sekadar isapan jempol belaka. Tak lama setelah dilantik Yusran dan pengurus Kadin langsung bergerak.

Untuk menggolkan misinya, Kadin tak bekerja sendiri. Pihaknya juga menggandeng stakeholder terkait untuk berjalan bersama. Kadin telah membangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, bahkan dengan salah satu BUMN, yakni Bulog Konawe. Program yang diusung pun beragam, mulai dari UMKM, hingga industri yang butuh investor besar.

Hari ini, Senin (23/5/2022), Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar calon pengurus Forum UMKM Konawe yang sejak awal proses pembentukannya dimediasi Kadin Konawe. Turut hadir juga, Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Investasi, Jemi S. Imran, WKU Bidang Kewirausahaan, Tahsan Tosepu dan WKU Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

BACA JUGA :  Diimingi Sejumlah Uang, Direktur PT. LMS Kena Tipu 

Kepada calon pengurus Forum UMKM, Yusran mengatakan, mindset atau pola pikir pelaku usaha mikro kecil harus lebih maju lagi dalam menangkap peluang pasar. Perubahan pola pikir tersebut kata dia, harus disertai skill dan manajemen usaha untuk meningkatkan produksi UMKM yang diminati pasar.

Selain itu, kata Yusran, sangat diharapkan pendampingan dan kepedulian dari semua stakeholder yang bersinergi untuk memajukan UMKM. Termasuk lembaga keuangan dan perbankan yang akan mendukung permodalannya.

“Untuk mencapai keinginan kita memajukan usaha mikro kecil, salah satunya melalui pembentukan forum UMKM yang sejak awal digagas dan dimediasi Kadin Konawe. Dan ini diharapkan sebagai wadah bagi pelaku UMKM untuk bangkit dan mengembangkan usahanya untuk menjawab kebutuhan pasar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yusran mengungkapkan, UMKM sudah teruji diterpa krisis sejak pandemi Covid-19. Di mana para pelaku usaha mikro kecil mampu bertahan dengan segala kemampuan dan usaha kerasnya yang secara langsung bisa berdampak terhadap konsumen di tingkat masyarakat.

BACA JUGA :  PMI Konawe Pantau Daerah Rawan Banjir dan Siap Relawan Lapangan

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman pengusaha mikro kecil yang bergabung dalam forum pengusaha UMKM ini, karena dengan kontribusi langsung, bekerja dan berfikir untuk memajukan forum ini, sejatinya tampil sebagai pejuang ekonomi di daerah ini untuk kemajuan ekonomi Konawe,” tutup Yusran Akbar.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Kadin Konawe melakukan dialog dengan Dinas Peternakan Konawe terkait peluang industri peternakan di Konawe. Kadin bahkan siap menjadi jembatan untuk mendatangkan investor. Kadin juga melalukan komunikasi dengan Dinas Perindagkop dan Bulog Konawe untuk membahas peluang memajukan UMKM Konawe.

Laporan: Komar

Editor: Upi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!