22.7 C
Kendari
Selasa, September 27, 2022

Inilah Sosok Dibalik Megahnya Pakaian Adat Buton yang Dikenakan Presiden

Wakatobi. Britakita.net

Pakaian adat yang dikenakan oleh presiden Joko Widodo pada upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 77 di Istana Merdeka menjadi sorotan.

Pasalnya, orang nomor wahid di Indonesia itu memakai pakaian adat yang ternyata merupakan pakaian adat kesultanan Buton.

Siapa sosok dibalik pembuatan pakaian adat itu tak luput dari perhatian publik. Ternyata sosok dibalik pembuatan Pakaian yang dikenakan presiden merupakan putra asli Wakatobi bernama Husain.

Husain telah lama menekuni dunia jahit menjahit, tepatnya ia mulai sejak merantau ke Kota Baubau pada tahun 1996, ia kemudian mendirikan usaha pada tahun 2000an.

BACA JUGA :  Peringati HUT Ke-13, Gerindra Wakatobi Kumpulkan Enam Ton Sampah

Pada perayaan HUT RI tahun ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Husain dan keluarga. Betapa tidak, hasil sulamannya menjadi tontonan seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan semangat dan kegigihan Husain, Baju adat Dolomani itu dibuatnya hanya dalam jangka waktu dua hari.

Lelaki yang lahir di Sowa Togo Binongko Wakatobi pada 1 Juli 1970 itu telah banyak membuat berbagai jenis pakaian termasuk diantaranya pakaian adat.

Salah satu pakaian adat yang pernah dibuat digunakan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Alimazi dan buah tangannya kali ini dipakai Presiden.

BACA JUGA :  Pangdam Hasanuddin Tinjau Dapur Umum TNI-Polri

“Saya bangga dan senang akhirnya lelah saya selama 2 hari full untuk mengerjakan baju Dolomani ini terbayarkan dengan menyaksikan bapak Presiden memakainya di Acar HUT RI ke 77 ini,” ucapnya.

“Karya ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara, Kota bau bau, Wakatobi, Pulau Binongko dan Warga Buton Seluruh Indonesia, saya berharap kedepannya banyak lagi generasi yang bisa mengharumkan nama Daerah kita,” tutupnya.

Laporan : Samidin

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!