Hasil Survei ASR Disoal, LCH Minta KPU Investigasi LSI Danny JA

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Apr 2023 14:29 0 1126 redaksi

Kendari, Britakita.net

Beberapa waktu lalu Lembaga Survei Indonesia (LSI) Danny JA mengumumkan hasil surveinya terhadap 14 Nama Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sulawesi Tenggara (Sultra). Dimana peringkat teratas dalam Survei tersebut adalah Mayjen TNI Andi Sumangerukka (ASR) mengalahkan nama-nama besar Bacagub Sultra seperti Kery Saiful Konggoasa, Lukman Abunawas, Ridwan Bae dan lainnya.

Namun hasil Survei tersebut disoal oleh Lembaga Haluoleo Society (LCH), yang mempertanyakan keabsahan hasil Survei tersebut. Dan meminta pihak KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melalukan Investigasi Independensi Lembaga Survei tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ditektur Eksekutif LCH, Irjal Ridwan menyatakan, saat ini sebagian besar lembaga survei telah terkontaminasi oleh kepentingan politik sehingga tidak objektif lagi.

“Sangat tampak kepentingan pendana survei. Sehingga survei sebagian besar menjadi bagian kebutuhan pemenangan tim sukses,” ujarnya menyoal hasil Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyebutkan Mayjen TNI Andi Sumangerukka (ASR) salah satu Bacagub Sultra terunggul dan menyatakan masyarakat inginkan perubahan beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui Minggu lalu tampak salah satu Lembaga Survei melakukan Rilis 14 nama yang dinilai menjadi  yang dapat membawa perubahan di Sultra. Dengan menggunakan responden sebanyak 800 orang dan menggunakan teknik pengumpulan data.

“Berdasarkan pengumuman ada salah satu figur calon Gubernur yang menempati peringkat teratas dan dalam pamfletnya memberikan Quotes Khusus untuk menframing hal ini, tentu hal ini membuat kami menduga lembaga terkesan  melakukan manipulasi data survei,” katanya.

Olehnya itu Lembaga Haluoleo Society berharap agar KPU Sultra perlu melakukan Investigasi, untuk menyelidiki bagaimana metodologi riset dan independensi lembaga survey tersebut. Jika terbukti adanya pelanggaran yang dilakukan oleh lembaga survey, maka KPU harus memberikan sanksi sesuai dengan UU yang berlaku

“Saya mengharapkan bahwa KPU Turun melakukan Investigasi terkait data-data survei agar disajikan sesuai dengan data asli karena saya menduga ada upaya membangun opini publik yang tak berdasar. Ini saya rasa telah melukai Demokrasi kita yang mengandung nilai kerakyatan yang jujur serta khidmat dalam kebijaksanaan,” tutupnya.

Namun sayangnya pihak LSI yaitu Strategic Manager LSI Denny JA, Ikrama Masloman saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsaapnya tidak merespon pernyataan LCH tentang keabsahan dari hasil Surveinya. Dan hingga saat berita ini diterbitkan belum ada konfirmasi dari pihak LSI Denny JA

Laporan: Mar

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!