Energi Nuklir Masuk di Sultra, Anton Timbang Dukung Kehadiran PLTN

waktu baca 2 menit
Sabtu, 20 Mei 2023 22:51 0 546 redaksi

Kendari, Britakita.net

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) Anton Timbang mendukung langkah Gubernur Sultra, dalam merespon positif sosialisasi Program Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Dewan Energi Nasional (DEN) Dr. Ir. Agus Puji Prasetyono, M. Eng, IPU ASEAN Eng dan DR. Ir. Mustri, M.T, Sabtu, 20 Mei 2023.

Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang mengatakan, bahwa pihaknya akan senantiasa mendukung program nasional dan Pemprov Sultra guna terciptanya percepatan investasi serta terbukanya lapangan pekerjaan.

“Saya sebagai Ketua Umum lembaga yang menaungi seluruh pelaku usaha dan ekonomi di Sultra, sangat mendukung program PLTN tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan listrik baik itu untuk kebutuhan perusahaan tambang dan pabrik, UMKM maupun masyarakat,” ungkap Anton Timbang.

Dukungan tersebut tentunya mempunyai dasar yang kuat, menurut pria yang kerap disapa AT ini, melihat kebutuhan listrik para perusahaan tambang seperti pembangunan smelter dan pabrik harus menyediakan pembangkit listrik sendiri.

“Hal itu sangat berpengaruh terhadap percepatan investasi dan peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Terlebih dengan adanya tantangan dari Gubernur Sultra kepada Tim DEN untuk segera merealisasikan program tersebut di Bumi Anoa.

Pada kesempatan itu, Dewan Energi Nasional memaparkan, bahwa sudah saatnya masyarakat menggunakan listrik dari pembangkit tenaga nuklir. Berdasarkan hasil penelitian energi listrik dari tenaga nuklir lebih menguntungkan dibanding listrik dari PLTU ataupun PLTS.

“Demikian pula mengenai dampak dan resiko yang ditimbulkan, PLTN lebih kecil resikonya, dan berdasarkan data hasil penelitian apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang punya kandungan deposit uranium yang besar sehingga kebutuhan untuk bahan baku PLTN cukup tersedia,” kata Agus.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sultra, Ali Mazi menyambut baik atas program DEN untuk menghadirkan perusahaan PLTN di Bumi Anoa.

“Pemerintah Provinsi Sultra menyambut baik program DEN untuk mendirikan perusahaan PLTN di Sultra, apalagi berdasarkan data dari Kepala Dinas ESDM Sultra menyampaikan bahwa kapasitas listrik di Sultra masih sangat minim dibanding kebutuhan masyarakat,” jelasnya Ali Mazi.

Untuk diketahui, sosialisasi PLTN itu digelar di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra yang dihadiri Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, Forkopimda, Bupati se-Sultra dan Kadin Sultra serta pengusaha pemegang IUP tambang.

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!