25.5 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Dewan Sultra Minta Pemkab Konut Ambil Sikap Tegas Soal Banjir Lumpur di Desa Boenaga

Kendari, Britakita.net

Usai Ketua DPRD Kabupaten Konawe Utara (Konut), Ikbar mewarning PT Manunggal Sarana Surya Pratama. Kali ini, giliran Wakil Ketua Komisi III DPRD Sultra, Aksan Jaya Putra (AJP) mengeluarkan hal yang sama.

Bagaimana tidak, aktifitas perusahaan tersebut diduga jadi penyebab banjir bandang yang menerjang 12 rumah warga dan 2 sekolah di Desa Boenaga, Kecamatan Lasolo Kepulauan pada Rabu, 6 Juli 2022 lalu.

Akibat banjir yang menimbulkan kerugian materil bagi masyarakat tersebut, Politisi Golkar itu mengintruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konut maupun Sultra untuk mengambil sikap tegas.

BACA JUGA :  Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58, Jajaran LPP Kendari Bakti Sosial di Pesantren Hidayatullah

“DLH harus turun memastikan kembali bendungan dan sedimenpol yang dimiliki perusahaan harus segera dilakukan perbaikan,” ucapnya, Jumat, 8 Juli 2022.

AJP mengaku dirinya sangat prihatin, adanya bencana yang melanda pemukiman warga, serta gedung pendidikan seperti SD dan SMP di Desa Boenaga itu.”Ini salah satu tanggung jawab perusahaan untuk segera memperbaiki,” tegasnya.

Menurutnya, jika perbaikan itu tak diindahkan, pihaknya mendesak pihak Pemerintah Kabupaten Konut dan Pemerintah Provinsi Sultra untuk mengajukan ke Dirjen Minerba pemberhentian sementara terhadap aktivitas tambang di wilayah itu.

BACA JUGA :  Dua Napi Korupsi di Lapas Klas II A Kendari Terima Remisi Idul Fitri, Terbanyak Napi Kasus Narkoba

“Kalau ini tidak di evaluasi akan terjadi terus setiap turun hujan. Inspektur tambang harus turun juga melihat apa yang terjadi ini. Pemkab Konut dan Pemrov Sultra bisa ajukan ke Dirjen Minerba untuk di evaluasi ulang seluruh aktivitas tambang yang ada di wilayah itu,” tuturnya.

Laporan: Adh

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!