25.4 C
Kendari
Senin, Desember 5, 2022

Desa Mata Langara Gelar Musdes RKPD Tahun Anggaran 2023

Konkep, Britakita.net 

Pemerintah Desa (Pemdes) Mata Langara Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) anggaran tahun 2023. Jumat, 30 September 2022.

Agenda rutin tahunan yang digelar di Gedung Serba Guna dan dibuka Kepala Desa (Kades) Mata Langara Abdul Majid dan turut dihadiri Pendamping Desa Lokal (PDL) Arianto, Sekretaris Desa (Sekdes) Nasrun, Kepala Dusun I (Kadus) Yarir, Kadus II Jasrun, Kadus III Jamrin.

Dalam sambutannya, Kades Mata Langara Abdul Majid mengatakan bahwa pelaksanaan Musdes RKP Desa mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permen Desa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa.

“Dilaksanakannya Musdes ini bertujuan untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Mata Langara untuk tahun anggaran 2023 yang akan datang,” ujar Majid.

BACA JUGA :  Cegah Covid-19, PT Alamharig Berikan Bantuan APD Kepada Pemkab Bombana

Selain itu, untuk program prioritas tahun 2023 mendatang yaitu fokus pada pemulihan ekonomi desa seperti halnya pemutahiran data statistik dan IDM, penyuluh penyelenggaraan stunting serta pelatihan ekonomi kreatif.

“Jadi tahun 2023 itu kita fokus pemulihan ekonomi yang mana di dalamnya itu ada pelatihan ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan serta memberi kontribusi ekonomi secara signifikan, mewujudkan iklim bisnis yang nyaris sempurna serta membangun identitas dan citra Desa Mata Langara dan membantu mengembangkan berbagai sumber daya terbaru,” ungkap Majid.

Ditempat yang sama, Pendamping Desa Lokal (PLD) Arianto mengatakan untuk usulan-usulan warga yang belum diakomodir pada tahun lalu, dapat kembali di sampaikan untuk di masukan dalam penyusunan RKP Desa tahun anggaran 2023.

BACA JUGA :  Bulan Depan Ambulace Laut Standby di Pelabuhan Kasipute

“Bagi warga yang ingin menyampaikan usulan dipersilahkan, akan kita tampung kemudian dievaluasi sesuai kebutuhan dan kondisi anggaran desa yang ada, mudah-mudahan apa yang diusulkan bisa semuanya terealisasikan,” kata Arianto.

Berikut beberapa usulan warga dalam musyawarah Desa Penyusunan RKP Desa Mata Langara Tahun 2023 :

1. Atap soka cap Jempol disertai semen untuk rumah tidak layak huni

2. Talud

3. Jembatan

4. Mesin Katinting

5. Sumur Bor

6. Sensor kecil

7. Pukat dan Tasi untuk nelayan.

8. Pemutahiran data serta IDM

9. Penyuluhan penyelenggaraan stunting

10. Pelatihan Ekonomi Kreatif

Laporan : Aan Ahmad

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!