Cuaca Ekstrim, BMKG Sultra minta Warga Siaga Ancaman Bencana

waktu baca 2 menit
Sabtu, 19 Nov 2022 09:01 0 304 redaksi

Kendari, Britakita.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari, Sultra mengeluarkan imbauan terhadap warga untuk siaga dampak ancaman bencana seiring dengan terjadinya cuaca ekstrim beberapa pekan terakhir.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan dalam mencegah ancaman bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang kemungkinan akan timbul. Sehubungan dengan hal itu ia menghimbau kepada masyarakat untuk.

“Berhati-hati saat berada di luar rumah, menghindari pohon-pohon yang tumbang, menghindari pemukiman yang berada di kerendahan atau lereng bukit yang rawan terjadi longsor, saat banjir segera mematikan listrik, mengamankan dokumen atau benda berharga serta mengutamakan evakuasi anak,ibu hamil dan orang tua” Katanya.

Lanjut, Karnawati masyarakat juga harus menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan berkas-berkas berharga, makanan, obat-obatan dan uang cash secukupnya yang mudah dibawa saat terjadi bencana.

BMKG Kota Kendari Waspada terhadap cuaca ekstrim , maka diperlukan upaya pencegahan dalam dampak ancaman bencana Hidrometeorologi (banjir, tanah longsor dan angin kencang) yang kemungkinan akan timbul.

Menyusul himbauan BMKG Pemkot Kendari mengeluarkan surat edaran bernomor ME.02.04/064/KKNI/X/2022 tentang pelayanan rekomendasi cuaca di Kota Kendari. Melalui surat yang dikeluarkan pada tanggal 29 Oktober 2022 tersebut, Pemkot meminta kepada Camat, Lurah se-Kota Kendari agar melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah 

2. Menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran dan menormalisasi secara rutin

3. Menghindari pohon-pohon yang rawan tumbang

4. Menghindari pemukiman yang berada di kerendahan atau lereng bukit yang rawan bencana banjir maupun tanah longsor

5. Apabila telah terjadi banjir, segera matikan, amankan dokumen, serta mengutamakan mengevakuasi anak dan orang tua

6. Menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan surat-surat berharga, pakaian, makanan, obat-obatan dan uang cash secukupnya yang muda di bawah saat terjadi bencana (Tas siaga bencana)

7. Mengunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai kebutuhan

8. Selalu memperhatikan dan mematuhi informasi dan petunjuk yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana daerah Kota Kendari dan pihak-pihak lain terkait dengan kebencanaan

9. Tidak menyebarkan berita atau informasi tentang kebencanaan dari sumber yang tidak jelas dan belum tentu benar, yang dapat menimbulkan kepanikan dan keresahan

10. Senantiasa mematuhi protokol kesehatan sebagai pengendalian dan perencanaan covid-9

11. Senantiasa berdoa kepada warga Kendari terhindar dari bencana.

Laporan: Rahim Sidde

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!