28.3 C
Kendari
Rabu, November 30, 2022

BNN Kendari Beri Tiga Tips Menghindari Narkoba Untuk Siswa SMA Negeri 6 Kendari

Kendari, Britakita.net 

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendari sosialisasikan bahaya narkoba pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022-2023 di SMA Negeri 6 Kendari.

Pantauan BRITAKITA.net, di lokasi, Selasa 11 Juli 2022, sosialisasi berlansung di Musolah SMA Negeri 6 Kendari yang dihadiri 394 siswa baru kelas X SMA Negeri 6 Kendari.

BNN Kota Kendari melalui bagian Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Penyuluh Narkoba Jafar B. Aman mengatakan, ada tiga tips menghindari Narkoba yaitu Self Regulation, Assertiveness, dan Reaching Out.

“Self Regulation itu kemampuan untuk mengontrol infus emosi dan pengaruh lingkungan terhadap diri, menyadari pemikirannya sendiri, menyadari dan menguraikan sumber-sumber informasi yang diberikan,” kata Jafar B. Aman.

Assertiveness lanjut Jafar B. Aman, yaitu kemampuan untuk mengutarakan secara lansung apa yang diinginkan atau apa yang tidak diinginkan kepada orang lain secara tegas, berani mengingatkan bila ada sesuatu yang salah.

BACA JUGA :  Bea Cukai Kendari Bongkar Sindikat Pengiriman Ganja Lintas Provinsi

“Misalnya bila ada temannya mereka yang pake narkoba mereka berani mengingatkan bahwa narkoba itu sangat berbahaya bagi kesehatan, kemudian berani menasehati untuk bertindak benar, artinya ketika dia lihat temannya memberikan narkoba kepada teman yang lain ya bisa dia tegur,” lanjutnya.

“Mengingatkan bila ada sesuatu yang salah, dia ingatkan bahwa pake narkoba itu pasti jelas salah, menerangkan bahwa narkoba itu melanggar hukum,” sambungnya.

Lanjut Jafar B. Aman, tips yang ke tiga untuk menghindari narkoba yaitu Reaching Out yaitu kemampuan untuk meningkatkan aspek positif kehidupan dengan cara menerima tantangan atau menggunakan kesempatan serta meningkatkan keterhubungan dengan orang lain guna berusaha neggaoai cita-cita.

BACA JUGA :  Jaga Ekosistem Laut di Momen World Clean Up Day, Ratusan Mahasiswa Bersihkan Sampah di Pantai Batu Gong

“Reaching Out itu artinya mampu berbagi cerita dengan orang lain. misalkan ada masalah curhatnya pada orang-orang yang tepat misalnya curhat sama gurunya, orang tuanya atau dengan beribadah. Jadi ini tiga dimensi ketahanan diri remaja dari narkoba,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 6 Kendari, Idham berharap dengan adanya sosialisasi Penyuluhan Bahaya Narkoba Pada Kegiatan MPLS ini siswa kelas X bisa memahama serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-harinya.

“Harapan saya mereka bisa memahami, bahwa narkoba itu dan tidak mencoba-coba untuk mengkonsumsi ataupun juga menjadi kurir karna narkoba itu sangat berbahaya bagi kehidupan kita,” harap Idham.

Laporan : Rizal Saputra

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!