Moment Hari Lingkungan Sedunia, PT GKP Edukasi Karyawan dan Masyarakat Jaga Keasrian Konkep

waktu baca 3 menit
Selasa, 13 Jun 2023 15:33 0 644 redaksi

Konkep, Britakita.net

Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023,  PT Gema Kreasi Perdana (GKP) menggelar rangkian kegiatan. Beberapa kegiatan tersebut yakni, lomba fotografi, enviro talk dan cerdas cermat. Kegiatan yang dimulai sejak 1 Juni 2023 tersebut, khusus diperuntukan bagi karyawan PT GKP.

Kegiatan lainnya yakni upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang digelar pada tanggal 5 Juni. Puncak dari kegiatan tersebut yakni, penanaman pohon di area pembibitan (nursery) milik PT GKP, pada 12 Juni 2023.

Pada puncak kegiatan acara tersebut, selain jajaran Manajemen Site PT GKP beserta karyawan lintas departemen, hadir juga lima  Kepala Desa dari  desa-desa  yang berada di Roko-Roko Raya. Anggota DPRD Komisi II Kabupaten Konawe Kepulauan, juga turut hadir. Guru dan perwakilan murid dari SD 05 dan SD 06 Wawonii Tenggara, turut serta dalam kegiatan ini. Selain penanaman pohon, acara ini diisi penyluhan tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap Asri dan bahaya sampah plastik untuk lingkungan.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian karyawan dan masyarakat terhadap lingkungan sekitar yang dimulai dari lingkungan tempat kerja dan tempat tinggal,” jelas Sutanto, Enviroment Superintendent.

Lebih lanjut Sutanto menjelaskan, bahwa pada tahun 2023, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertema “Beat Plastic Pollution” atau perangi   polusi plastik. Tema ini menjadi pengingat bagi semua orang  untuk peduli terhadap sampah plastik. Saat ini, sampah plastik menjadi permasalahan yang paling kursial bukan hanya di Indonesia namun secara global, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Head of Site PT GKP Basri Kambatu mengatakan, pengelolaan lingkungan di wilayah tambang dimulai sebelum kegiatan pertambangan dilaksanakan, saat kegiatan, maupun pasca tambang. Komitmen ini diperlihatlan dengan dana Jaminan Reklamasi yang disetor di awal, sebelum kegiatan pertambangan dilaksanakan.

Moment Hari Lingkungan Sedunia, PT GKP Edukasi Karyawan dan Masyarakat Jaga Keasrian Konkep

“Lingkungan adalah bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi perhatian utama dalam setiap kegiatan usaha pertambangan. Tidak hanya persoalan lingkungan di wilayah tambang, tetapi juga urusan lingkungan di sekitar tambang,” ucap Basri.

Hal senada juga disampaikan Kepala Teknik Tambang PT GKP, Aep Haeruddin. Menurut dia, GKP memiliki komitmen yang kuat terhadap aspek lingkungan.  “Manajemen baik di Jakarta maupun di site, akan selalu mendukung kegiatan yang bertalian dengan membangun kesadaran lingkungan di masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Dua M.Yacub Rahman, mengapresiasi ragam kegiatan dalam peringatan Hari lingkungan Hidup Se-Duna ini. Menurut dia, penghijauan kembali pasca tambang merupakan sesuatu yang harus terus dilakukan dan di tingkatkan.

“Ternyata pihak perusahaan tidak hanya menambang saja, ada juga yang namanya reklamasi di area-area yang sudah dikelola. Nah, proses pasca tambang yang seperti ini, belum banyak diketahui oleh masyarakat. Ini sesuatu yang bagus dan masyarakat harus tahu,” ungkapnya.

Samaga, Kepala Desa Sukarela Jaya yang hadir dalam kegiatan ini pun sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon ini. Menurut dia, selain menambang, perusahaan juga sudah menyiapkan kegiatan pasca tambang. Lahan-lahan yang sudah selesai ditambang, sudah disiapkan untuk dilakukan reklamasi.

“Kita juga diajak untuk melihat area pembibitan juga beberapa lokasi yang sudah selesai ditambang dan disiapkan untuk dilakukan reklamasi. Sangat positif kegiatan ini,” demikian ujar dia.

Usai acara acara seremoni, tamu yang hadir baik anggota DPRD, Kepala Desa , guru dan murid serta jajaran manajemen perusahaan melakukan penanaman pohon di area nursery. Usai melakukan penanaman pohon, para tamu juga diber kesempatan untuk melihat kegiatan penambangan serta beberapa lokasi yang disiapkan untuk dilakukan reklamasi.

“Senang bisa ikut acara ini,” ujar Hana, siswi SD 05 Wawoni Tenggara yang ikut dalam kegiatan ini.

Laporan : Rilis

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!