23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Kades-Lurah Dukung Festival Pincara dan Makan Ikan

Konawe, Britakita.net

Pemerintah Desa dan Kelurahan tingkat Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe mendukung penuh pelaksanaan Festival Pincara dan Makan Ikan di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 77 tahun.

Camat Kapoiala Muhammad Sobri Rustam menjelaskan, saat ini dukungan penuh untuk pelaksanaan Festival Pincara dan Makan Ikan di pantai Tombawatu sudah ada dari pemerintah desa dan kelurahan se Kecamatan Kapoiala.

Tak hanya itu, sejumlah dukungan juga sudah datang dari beberapa camat yang ada di Kabupaten Konawe. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang sejumlah organisasi yang ada di Kecamatan Kapoiala untuk turut serta dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

“Di kegiatan ini, kami akan melibatkan Pimpinan Organisasi yang ada Kapoiala,

Diantaranya, KONI Kapoiala, PSSI, BKMT, Hipmakat Himpunan Pelajar Mahasiswa dan lain lain,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tertinggi di Konawe, Target Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Kecamatan Kapoiala Hingga 100 Persen

Sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Kapoiala telah melaksanakan rapat koordinasi membahas kesiapan festival pincara dan makan ikan di pantai Tombawatu. Dimana, dikesempatan tersebut, ia menyampaikan, selain upacara, ada beberapa kegiatan yang bakal digelar salah satunya festival Makan Ikan dan festival pincara.

“Kita akan laksanakan festival makan ikan. Dimana, festival makan ikan ini berhubungan dengan stunting, kita inginkan ketercukupan protein untuk anak-anak kita, kemudian ibu-ibu hamil dalam meminimalisir adanya kasus stunting khususnya di Kapoiala. Yang kedua kita akan lakukan festival pincara dalam memeriahkan HUT RI ini,” sambungnya.

Lebih jauh Sobri memaparkan, di festival makan ikan ini, ia akan melibatkan Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan. Kemudian untuk festival pincara panitia pelaksana kegiatan menyiapkan hadiah untuk pemenang berupa tiga sampai lima mesin ketinting untuk para pemenang.

BACA JUGA :  Kado Spesial KSK, Di HUT Konawe ke 62. Konawe Gemilang Untuk Masa Depan Sultra

“Di kegiatan ini kita akan lakukan pemotongan satu ekor sapi. Dan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak 17 Agustus hingga 19 Agustus 2022,” paparnya.

Upacara HUT RI ke-77 juga akan mengundang seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengikuti upacara.

“Selesai upacara kita akan Mosonggi bersama di Pantai Tombawatu dengan menu satu ekor sapi,” timpalnya.

Selain itu, masih kata Sobri bahwa dihari H pelaksanaan akan ada kegiatan pembentangan bendera merah putih sepanjang pantai Tombawatu. Selanjutnya dirinya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Konawe untuk menggelar pasar murah di pantai tersebut.

“Kami akan berupaya menghubungi teman-teman dari Disperindagkop untuk melaksanakan pasar murah di pantai Tombawatu ini,” katanya.

Laporan: Komar

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!