25.6 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Festival Bakar Ikan dan Pincara akan Warnai Upacara HUT RI ke 77 di Kecamatan Kapoiala

Konawe, Britakita.net

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun, Pemerintah Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, bakal menggelar Festival Makan Ikan dan Pincara (rakit kayu).

Hal itu disampaikan langsung oleh Camat Kapoiala Muhammad Sobri Rustam saat ditemui usai menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah desa Senin (18/7/2022) di balai Desa Tombawatu.

Sobri menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini adalah untuk membahas persiapan menyambut HUT RI ke 77 di Kecamatan Kapoiala.

Di kesempatan tersebut, ia menyampaikan, selain upacara, ada beberapa kegiatan yang bakal digelar salah satunya festival Makan Ikan dan festival pincara.

“Kami optimistis, kegiatan ini harus dilaksanakan dengan meriah. Dan semua kegiatan akan terpusat di Desa Tombawatu,” jelasnya.

BACA JUGA :  Bupati Konawe Minta Inspektorat Sebutkan Desa yang Sudah Diperiksa

“Kita juga akan laksanakan festival makan ikan. Dimana, festival makan ikan ini berhubungan dengan stunting, kita inginkan ketercukupan protein untuk anak-anak kita, kemudian ibu-ibu hamil dalam meminimalisir adanya kasus stunting khususnya di Kapoiala. Yang kedua kita akan lakukan festival pincara dalam memeriahkan HUT RI ini,” sambungnya.

Lebih jauh Sobri memaparkan, di festival makan ikan ia akan melibatkan Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan. Kemudian untuk festival pincara panitia pelaksana kegiatan menyiapkan hadiah untuk pemenang berupa tiga sampai lima mesin ketinting untuk para pemenang.

“Di kegiatan ini kita akan lakukan pemotongan satu ekor sapi. Dan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak 17 Agustus hingga 19 Agustus 2022,” paparnya.

BACA JUGA :  Perioritaskan Kepentingan Masyarakat, Pemdes Ulu Lalimbue Bangun SPAL

Upacara HUT RI ke-77 juga akan mengundang seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengikuti upacara.

“Selesai upacara kita akan Mosonggi bersama di Pantai Tombawatu dengan menu satu ekor sapi,” timpalnya.

Selain itu, masih kata Sobri bahwa dihari H pelaksanaan akan ada kegiatan pembentangan bendera merah putih sepanjang pantai Tombawatu. Selanjutnya dirinya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Konawe untuk menggelar pasar murah di pantai tersebut.

“Kami akan berupaya menghubungi teman-teman dari Disperindagkop untuk melaksanakan pasar murah di pantai Tombawatu ini,” katanya.

Turut hadir, Kapolsek Bondoala, Danramil Sampara, Pimpinan SKPD se Kecamatan Kapoiala, para kepala Sekolah SD SMP dan SMA termasuk Ketua tim PKK Kecamatan Kapoiala.

Laporan: Komar

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!