Bupati H. Amrullah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perpustakaan

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Mar 2023 12:36 0 700 redaksi

Konkep, Britakita.net

Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Amrullah melakukan peletakan batu pertama gedung pelayanan perpustakaan daerah yang di sertai penyerahan kunci perpustakaan desa dan pojok baca di jalan poros Langara – Lampeapi depan SMPN 2 Wawonii Barat. Selasa, 28 Maret 2023.

Bupati H. Amrullah dalam sambutannya menjelaskan bahwa masuknya program dan kegiatan perpustakaan dalam prioritas bidang pembangunan nasional tahun 2020 sampai 2024, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 tahun 2020 tentang rencana jangka menengah nasional tahun 2020 sampai 2024.

“Perpustakaan sebagai pusat budaya bangsa dalam upaya membangun sinergitas dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional khususnya akselerasi pencapaian pembangunan pengembangan budaya kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat,” jelasnya. (28/3/2023).

Bupati H. Amrullah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perpustakaan

Lanjut Bupati 2 periode, komitmen pemerintah terhadap akselerasi pencapaian pengembangan amanat adalah tugas perpustakaan harus pro aktif menyadarkan masyarakat bahwa pentingnya minat baca melalui ketersediaan sarana dan prasarana.

“Saya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat baik dari jajaran pemerintah tertinggi sampai terendah agar senantiasa bersama-sama menghidupkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai wadah mencari solusi untuk mewujudkan kualitas yang beradiluhung,” imbuh Amrullah.

Orang nomor 1 di konkep itu juga mengajur kepada masyarakat bahwa pentingnya membaca, karena dengan membaca, indeks pembangunan literasi masyarakat dapat meningkatkan kecerdasan. Hal tersebut sesuai visi misi di periode ke 2 yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia Wawonii, dengan tackline “Wawonii Bangkit”.

Bupati H. Amrullah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perpustakaan

“Perpustakaan adalah pusat beradaban serta dapat memberikan gambaran umum melalui evolusi pemikiran manusia. Istilah orang dulu itu buku adalah jendela dunia,” tutup Amrullah.

Sama, Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Arsip Daerah Daniel mengatakan pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total anggaran 9,6 Miliar, sedangkan di tahun 2022 lalu telah dilakukan pembangunan perpustakaan desa sebanyak 7 titik dan pojok baca sebanyak 3 titik yang tersebar di 7 Kecamatan se Kabupaten Konkep yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Ini menjawab tantangan diera digital telah tersedia, perpustakaan digital pun kami telah sediakan yakni “IWawonii” yang dapat di akses oleh publik dengan cara mendowload di playstore,” Daniel memukas.

Laporan : Aan Ahmad

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!