25.6 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

294 Jamaah Calon Haji Kota Kendari Dijadwalkan Berangkat Juni

Kendari, Britakita.net

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari menyatakan, 294 Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia asal Kota Kendari dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci tahun 2022 ini.

Kepala Kemenag Kota Kendari H. Muhammad Lalan Jaya mengatakan, JCH Kota Kendari tahun 1444 H berjumlah 294 orang atau 37% dari jumlah jamaah yang ada di Sultra.

“Kecamatan Mandonga 46 orang, Kecamatam Puuwatu 18 orang, Kecamatan Kendari Barat 41 orang, Kecamatan Kendari 9 orang, Kecamatan baruga 34 orang, Kecamatan Wua-wua 29 orang, Kecamatan Kadia 46 orang, Kecamatan Abeli 4 orang dan Kecamatan Kambu 36 Orang,” kata H. Muhammad Lalan Jaya, Kamis 26 Mei 2022.

Rencananya lanjut Muhammad Lalan Jaya, JCH Indonesia asal Kendari dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada bulan Juni 2022.

BACA JUGA :  Pengurus Rayon FKPPI Se-Kota Kendari Resmi Dilantik 

“Isya Allah karna sudah disampaikan Pak Kanwil tanggal 22 dari Makasar, tapi calon JCH asal Kendari akan berangkat ke makasar tanggal 21 Juni yang akan datang,” terangnya.

Semua JCH telah melakukan seluruh rangkaian penyelesaian dokumen serta pemeriksaan kesehatan tahab dua tuntas.

“Dokumen sudah selesai, tinggal siap berangkat, tapi pada saat mau berangkat nanti ada satu kewajiban dan itu syarat untuk kelayakan terbang,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang JCH Wa Harunia (56), mengaku senang bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini. Ia menyampaikan mendaftar sebagai calon jemaah haji awal tahun 2012 silam.

“Saya mendaftar haji dulu tahun 2012 awal,” ucapnya saat ditemui di tengah mengikuti Bimbingan Manasik Haji yang digelar oleh Kantor Kementrian Agama Kota Kendari di Hoter Kubra, Kamis 26 Mei 2022.

BACA JUGA :  Diseruduk Avanza Saat Parkir, Mobil Taksi Online Nyaris Terjungkal

Wa Harunia yang dijadwalkan berangkat tahun 2020 lalu. Namun karena pandemi Covid-19, keberangkatannya harus tertunda hingga 2 tahun lamanya.

“Kan ini dia terhenti dua tahun ini karna corona, sebelum corona saya sudah dijadwalkan untuk berangkat tapi tertunda. Tapi semua itu ada hikmanya karna tahun ini ada keistimewaan yaitu dibebaskan dari biaya tambahan dari pemerintah,” bebernya.

“Alhamdulliah sekarang sudah legah mi, sudah tenang, rasa terharu karna sudah terkabulkan kita punya keinginan mau ke tanah suci,” ucapnya.

Laporan: Rizal Saputra

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!