Tak Diperhatikan, Wasit Cabor Sepak Bola Porprov Sultra Mengundurkan Diri

waktu baca 2 menit
Sabtu, 26 Nov 2022 18:10 0 5473 redaksi

Buton, Britakita.net

Jelang pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke XIV Tahun 2022 pada Sabtu, 26 November 2022, kabar tak sedap datang dari cabang olahraga (cabor) sepak bola.

Para wasit yang bertugas di cabor sepak bola dikabarkan ramai-ramai mengundurkan diri dari tugas perwasitan sepak bola Porprov XIV 2022 di Kabupaten Buton.

Hal ini diketahui dari beredarnya foto para wasit yang berfoto bersama dan memegang secarik kertas yang berisi pesan dan kritik terhadap Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra.

“Selamat tinggal wasit sepak bola Porprov Sultra Tahun 2022. Tidak jelas honor wasit. Terima kasih Bendahara KONI Sultra. Kami pulang,” demikian isi secarik kertas yang dipegang para wasit dan pengawas wasit dalam foto yang telah beredar luas di media sosial itu.

Selain itu, ada pula kertas bertuliskan dengan nada serupa yang mengkritik dan mengeluhkan kinerja KONI Sultra dalam perhelatan Porprov Sultra XIV 2022 ini. Mereka mengaku ditelantarkan oleh KONI Sultra.

“Selamat tinggal wasit sepak bola Porprov Sultra tahun 2022. Ditelantarkan KONI Sultra. Gulung tikar tidak jelas,” tulis para wasit dalam kertas protes itu.

Terkait hal ini, Sekretaris Umum (Sekum) Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sultra, Jasman Harun mengatakan bahwa memang benar hingga saat ini belum ada dana dari KONI Sultra yang turun kepada Asprov PSSI untuk digunakan dalam perhelatan Porprov Sultra XIV 2022.

“Memang sampai hari ini belum ada dana untuk peralatan, bola, dan semua kelengkapan pertandingn belum ada dicairkan oleh KONI. Padahal bola duluan jalan (pertandingannya),” kata Jasman via pesan singkatnya.

Namun demikian, terkait masalah ini, Asprov PSSI Sultra melalui instruksi Ketua Asprov, Muhammad Zamrun Firihu, telah meminta kepada para wasit agar tetap mau bertugas di Porprov ini hingga selesainya seluruh pertandingan di cabang olahraga sepak bola.

“Sudah ada perintah langsung dari Ketua Asprov agar (para wasit) jalankan tugas. Alhamdulillah Pak Ketua Asprov suruh bersabar demi nama daerah dan agar KONI menyelesaikan seperti cabor lain yang belum jalan,” jelas Jasman.

Sementara itu, terkait polemik ini, Ketua Harian KONI Sultra, Suwandi Andi yang dihubungi melalui telefon selulernya belum memberikan tanggapan apapun.

Laporan: Mar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




error: Content is protected !!