PJ Bupati Bombana Apresiasi Petani Muda Kembangkan Cabai

waktu baca 2 menit
Kamis, 27 Okt 2022 21:54 0 182 redaksi

Bombana, Britakita.net

Pj Bupati Bombana Ir. H.Burhanuddin, M.Si mengapresiasi sejumlah petani muda di wilayahnya yang kini mulai mengembangkan tanaman hortikultura khususnya cabe merah kriting dan cabai rawit.

“Kegiatan ini merupakan salah satu yang bermanfaat bagi kita semua terutama bagi daerah dalam rangka menyiapkan yang dibutuhkan oleh manyarakat, jika produksi melimpah maka harga akan menurun dan sebaliknya,ini merupakan hukum pasar” kata Burhanuddin di Desa Biru Kecamatan Poleang Timur Kabupaten  Bombana saat menghadiri panen cabai, Rabu, 26 Oktober 2022.

Kegiatan panen aneka cabai tersebut dihadiri Oleh Pj.Bupati Bombana Ir.Burhanuddin,.M.Si , Ketua TP PKK Kabupaten Bombana  Hj. Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos, Kepala OPD/Badan/Kantor, Anggota DPRD Bombana, Camat Poleang Timur, Kepala Desa, Kelompok Tani Desa Biru, Kelompok Tani desa Teppeo, Kelompok tani Kel. Bambaea, Penyuluh Pertanian, utusan dari PT Dharma Gunawibawa (DGW) Suroto, SP.

Ia mengatakan, areal tanaman cabe di desa Biru di Kecamatan Poleang Timur, kata Burhanuddin menilai bahwa potensi pengembangan tanaman cabe di daerah ini sangat menjanjikan dan terbukti petani muda di daerah itu telah panen dengan produksi yang cukup menggembirakan.

Namun saat ini harga cabai mulai turun dengan demikian kami perintahkan Kadis Pertanian, Kadis Disperindag Kabupaten Bombana agar membantu untuk mencari solusi pemasaran dan kami akan bantu  biaya transport sampai ditempat tujuan pemasaran.Tanaman cabai merupakan salah satu yang mempengaruhi inflasi, Ujar Burhanuddin.

Sebelumnya, Kadis Pertanian Kabupaten  Bombana Ir. Muhammad Siarah.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, areal tanam cabe merah maupun cabe keriting di Kecamatan poleang Timur -+ 30 ha masih bersifat tanaman spot dan tidak berada pada satu kawasan tertentu.

Ia mengatakan, areal tanaman cabe di Kecamatan Poleang Timur tersebar di di Desa Biru, Desa Teppoe dan kel. Bambaea,” katanya.

“Pola panen cabe besar maupun cabe rawit disesuaikan dengan pola tanam untuk menjaga kestabilan stok dan harga, pola sepanjang tahun yang terbesar panen menjelang hari raya dan salah satu yang mepengaruhi inflasi,” katanya.

Dalam akhir kegiatan Pj Bupati Bombana menyerahkan kepada tiga kelompok yang ada di Desa Biru Desa Teppoe dan Kel.  Bambaea berupa bibit cabai, bibit kacang panjang, insektisida, Pupuk organik cair dan hansprayer.serta panen aneka cabai.

Laporan: Fendi

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!