25.4 C
Kendari
Senin, Desember 5, 2022

Lubang dan Bergelombang Jalan di Kecamatan Wua-wua, PUPR Kendari: Ditambal Dulu, Karena Jalan Rusak Banyak

Kendari, Britakita.net

Ruas jalan di Kecamatan Wua-wua, Kota Kendari sedang jadi perhatian. Pasalnya, terdapat tambalan sehingga membuat kontur atau permukaannya jadi bergelombang seperti di jalan Chairil Anwar.

Selain pengerjaannya yang kurang rapi, kondisi jalan sudah rusak di beberapa bagian. Retakan mudah dilihat di beberapa titik, bahkan di beberapa tempat mulai rusak dan berlubang.

Hal tersebut dikeluhkan warga sekitar, padahal tidak jarang perbaikan dan pemeliharaan juga sudah sering dilakukan.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan PUPR Kota Kendari, Hasbullah Irsyam angkat bicara terkait jalan Chairil Anwar yang disebut cepat rusak. Alasannya, jalan banyak dilalui truk bertonase berat yang bobotnya melampaui ketentuan.

“Artinya pemeliharaan saja, kita buka yang rusaknya, terus kita memperbaiki kembali, kebetulan memang disitukan kebutulan wilayahnya agak padat, banyak mobil-mobil besar yang lewat,” ungkapnya saat ditemui, Kamis, 11 Juni 2022.

BACA JUGA :  Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Kendari Melonjak Hingga Puluhan Ribu

Apalagi, jalan tersebut belum mempunyai drainase, karena hal itu jadi salah satu penyebab air selalu naik dibadan jalan. Sehingga material aspal menjadi mudah rusak.

“Apalagi drainase yang tidak efisien dan efektif, namanya juga aspal kalau sudah terkena air jadi tingkat kerawanannya ya begitu,” ujaranya.

Saat ini, menurut Hasbullah, hanya bisa dilakukan perbaikan tambal sulam. Pemeliharaannya pun dilakukan secara bertahap.

“Ditahun 2020 kita sudah pernah perbaiki, karna masih tahap pemeliharaan, kedepan nanti bisa diperbaiki semaksimal. Dan untuk pengerjaanya jalan itu di tahun 2018 -2019,” tuturnya.

BACA JUGA :  Tahun Baru Pemkot Kendari Izinkan THM Buka, DPRD: Pemilik THM Pengusaha Berduit

Saat ini yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari hanya bisa melakukan pemiliharan saja, karena penyedian jasa telah melewati 180 hari dari tahun 2019.

“Kalau dari penyedianya itu, kurang lebih 180 hari. Cuman saat ini hanya ada pemeliharaan kantor, kalau ada anggaran sepenuhnya, kita akan lakukan peningkatan, sekalian dengan drainasenya,” pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan di jalan Chairil Anwar banyak batu kerikil berserakan akibat aspal jalan yang mengelupas.

Selain itu, sejumlah lubang di jalan memaksa para pengendara harus memperlambat laju kendaraannya disimpang tiga antara Jalan Chairil Anwar dan Jalan H. Latama Bungguwala, agar tidak celaka.

Laporan: Komar / Editor: Upi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!