Empat Sekolah Dasar Swasta di Bombana Berubah Status Menjadi Sekolah Negeri

waktu baca 2 menit
Senin, 4 Sep 2023 21:22 0 380 redaksi

Bombana, Britakita.net

Sebanyak empat Sekolah Dasar (SD) swasta di Kabupaten Bombana saat ini menyandang status sebagai sekolah negeri dibawah pengelolaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bombana.

Kepala Dikbud Bombana, Andi Muh Arsad S.Sos mengungkapkan hal ini bagian dari wujudkan kepedulian Pemkab Bombana terutama Pj. Bupati Bombana, Burhanuddin yang menginginkan agar akses pendidikan dapat meningkat.

Keempat sekolah swasta tersebut yang berahli status dari swasta menjadi negri yakni SD Swasta Laponu-Ponu menjadi SD Negeri 152 Larongkomea, SD Swasta Anak Sholeh menjadi SD Negeri 154 Tunas Baru, SD Swasta Mawar menjadi SDN 153 Mawar, SD Swasta Sampe menjadi SDN 155 Batu Sempe.

Terutama di wilayah sulit di jangkau karena terkendala akses jauh. Hal ini dilakukan guna memudahkan anak-anak maupun masyarakat menjangkau tempat tersebut .

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas pengabdian dan jerih payah pihak sekolah dalam memperjuangkan alih status dari swasta ke negeri ini. Ini adalah peristiwa bersejarah,” ungkap Andi Muh Arsad, Senin (4/9/2023).

Lebih lanjut, peningkatan dan kemajuan sekolah di daerah saat ini, tentunya salah satu prioritas Pj. Bupati Bombana untuk mendorong sekolah swasta lainnya yang ingin meningkatkan status sekolah menjadi negeri.

“Peningkatan status sekolah swasta menjadi negeri tentu ini berkat darongan pemerintah daerah terkhuss Pj Bupati Bombana Burhanudin. Kami juga berharap, hal ini menimbulkan ide di tempat-tempat lain agar sekolah yang masih berstatus swasta dapat meningkatkan statusnya menjadi negeri,” lanjutnya.

Arsad menambahkan, Pemkab Bombana dalam hal ini Dikbud bisa membimbing dan membantu sekolah yang berada di unit-unit terkecil di desa-desa supaya dapat meningkatkan statusnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Dikbud Bombana, Jusman Usman., S.Pd.,M,M berharap, peningkatan alih status keempat dapat memudahkan layanan bagi anak-anak dalam menjangkau sarana pendidikan, terlebih kemajuan pendidikan di daerah khusunya Bombana semakin lebih baik lagi.

“Kita bersyukur dengan alih status ke empat sekolah swasta tersebut dapat bermanfaat dengan baik terutama generasi-generasi, selanjutnya dan serta dapat memotivasi diwujudkan dengan melaksanakan semua tupoksi kerja kita,” ujarnya.

Mantan Sekcam Rumbia Tengah itu, juga menitipkan kepada para guru dan tenaga honorer, bahwa dengan peningkatan status beberapa sekolah ini dapat memberi ruang bagi tenaga honorer maupun P3K untuk mengabdi dan mempertahankan prestasi dan inovasi, apalagi saat ini sudah bersatus menjadi negeri.

“Ya ini juga peluang bagi guru P3K untuk mengabdi mengingat saat ini pemerintah tidak menyiapkan kuota bagi sekolah swasta, dari dasar itu pemerintah daerah berupaya meningkatkan status ke empat sekolah tersebut menjadi negeri,” pungkasnya.

Penulis : Pendi
Editor : Redaksi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!