25.6 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Admin Desa di Kecamatan Besulutu Ikut Pelatihan SID

Konawe, Britakita.net

Moderninasi sistem pemerintahan desa berbasis teknologi terus digenjot pemerintah. Salah satunya melalui peningkatan kapasitas perangkat desa dengan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID).

Mendukung program itu, pemerintah desa se-Kecamatan Besulutu mengikuti pelatihan SID yang digelar di salah satu hotel di Kota Kendari sejak Kamis-Sabtu Juli 2022.

Camat Besulutu Nurleila Saranani, SKM., M.Kes menjelaskan, pelaksanaan SID yang diinisiasi pemerintah desa masing-masing ini bertujuan memberikan pelatihan operator SID desa tentang penggunaan aplikasi SID.

BACA JUGA :  Pemda Konawe Sosialisasikan BerasKita sebagai Produk Lokal Konawe

Aplikasi ini digunakan untuk pertanggung jawaban penggunaan APBDesa dan pelaporan penggunaan Dana Desa. Juga tentang mengembangkan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan publik.

“Termaksud informasi mengenai jumlah masyarakat yang mendapat bantuan seperti BLT dan PKH,” terang Nurleila Saranani.

BACA JUGA :  Diikuti 560 peserta, Kegiatan Raimuna di Buka Sekda Konawe

Pelatihan SID ini juga sebagai upaya persiapan penerapan sistem pelayanan pemerintahan, pelayanan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat berbasis pemanfaatan teknologi informasi.

“Mengutip sambutan Sekda Konawe pada kegiatan Launching Statistik ‘membangun data itu mahal dan sulit, tapi jauh lebih mahal dan sulit membangun tanpa data’” pungkas Nurleila Saranani.

Laporan: Mar

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!