24.8 C
Kendari
Senin, September 26, 2022

TP PKK Bombana Terima Penghargaan Presiden, Andi Nirwana: Ini Penghargaan, Saya Persembahkan Untuk Masyarakat Bombana

Bombana, Britakita.net

Kerja Iklas dan nyata untuk kepentingan masyarakat Ketua Tim Penggerak Persatuan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bombana Hj. Andi Nirwana mendapatkan Penghargaan Presiden RI, Joko Widodo. Dimana penghargaan tersebut berupa tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diberikan secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Penghargaan tertinggi dari Presiden RI itu diraih Anggota DPD RI Andi Nirwana atas darma baktinya kepada negara dalam menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) melalui penanganan stunting di Kabupaten Bombana.

Pemberian tanda kehormatan Satyalancana tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, bertepatan dengan acara Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022 yang dipusatkan di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara , Kamis (7/7).

Mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, tentu menjadi kebanggan bagi Hj. Andi Nirwana serta seluruh masyarakat Bombana. Pasalnya, selain menjadi ketua TP PKK, Hj. Andi nirwana juga mendapatkan amanah dari masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai anggota DPD RI. Melakoni keduanya tentu bukan hal yang mudah.

TP PKK Bombana Terima Penghargaan Presiden, Andi Nirwana: Ini Penghargaan, Saya Persembahkan Untuk Masyarakat Bombana

Namun, istri dari Bupati Bombana Tafdil itu mampu membuktikan dengan memberikan kinerja terbaiknya di Senayan maupun di daerahnya. Hal ini juga menjadi bukti nyata bahwa, Hj. Andi Nirwana merupakan srikandi tangguh yang piawai dalam melakoni peran yang dipercayakan dengan mempersembahkan kinerja terbaiknya.

BACA JUGA :  Peduli Covid-19, Kemenkumham Salurkan Paket Sembako serta APD untuk Warga Jatim dan Sumsel

Penyematan Satyalancana tersebut, merupakan hasil dari rangkaian penilain yang dilakukan tim Sekretriat Militer Presiden (Setmilpres) serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat terhadap keberhasilan serta peran Ketua TP PKK Bombana dalam menyukseskan program Bangga Kencana di daerahnya.

Ketua TP PKK Kabuapten Bombana, Hj. Andi Nirwana mengungkapkan TP PKK Bombana terus berupaya mendukung program Bangga Kencana yang dicanangkan BKKBN, melaui 10 program pokok PKK. Diakuinya, seluruh kader PKK Bombana yang tersebar di 22 Kecamatan di Bombana senantiasa berjalan beriringan dengan BKKBN dalam menyukseskan program Bangga Kencana, khususnya terkait dengan penanganan stunting.

TP PKK Bombana Terima Penghargaan Presiden, Andi Nirwana: Ini Penghargaan, Saya Persembahkan Untuk Masyarakat Bombana

“Alhamdulillah pemberian penghargaan Satya Lancana dari Presiden RI ini, merupakan hasil dari program-program TP PKK yang terus bersinergi dengan Pemkab Bombana, serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Wonua Bombana,” ungkapnya melalui pesan tertulisnya.

Lebih lanjut, penganugrahan tanda kehormatan yang diperoleh dipenghujung jabatan Bupati Tafdil sebagai kepala daerah Bombana dan Ketua TP PKK Bombana. Untuk itu, penganugrahan Satyalancana yang yang diterimanya itu didedikasikan untuk seluruh masyarakat Bombana.

“Ini merupakan penghargaan seluruh masyarakat Bombana. Bukan hanya saya pribadi,” katanya.

Lebih lanjut, ada banyak program unggulan TP PKK Bombana yang erat kaitannya dengan program Bangga Kencana, baik itu di bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan hingga peningkatan ekonomi keluarga. Melalui berbagai program itu, Andi Nirwana dan seluruh kadernya memberikan sosialisasi dan juga pembinaan terkait program Bangga Kencana disetiap kegiatan yang dilakukan, khususnya kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti dalam pelaksanaan Majelis Ta’lim yang rutin dilakukan PKK Bombana di setiap bulan.

BACA JUGA :  Pangdam XIV Hasanuddin Manari Malulo Bersama 2000 Prajurit di Makassar

Terlebih lagi, TP PKK memiliki kader yang tersebar di 22 Kecamatan yang ada di Bombana dan aktiif membantu program kerja Pemkab melaui BKKBN. Diakuinya, TP PKK juga terlibat secara langsung dalam pembentukan kampung KB yang jumlahnya hingga saat ini sudah mencapai 50 kampung KB yang tersebar di 22 Kecamatan di Bombana.

Selain itu, TP PKK juga fokus mengambil peran dalam pencanangan dan pembentukan kampung KB, dengan menempatkan kader Dasa Wisma yang beranggotakan 10-15 KK. Selain itu, setaip kader PKK juga aktif menjadi motivator untuk memmpromosikan kampung KB kepada masyarakat agar ikut berpartiipasi hingga aktif melakukan komunikasi, informasi dan edukasi program Bnagga Kencana kepada masyarakat.

“Kami ini juga memiliki kader Dasa wisma yang rutin melakukan pengawaan pada 10-15 KK . Jadi satu kader dasa wisma memantau 10-15 KK. Bahkan dalam pemantauan ini, kami berkolaborasi oleh bidan dan perawat, yang mana disetiap desa di Bombana itu memliki masing-masing perwat dan bidan,” imbuhnya. 

Laporan: Fendi

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!