23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

Sekda Jabar Dorong Inovasi Produk Pangan Lokal

KOTA BANDUNG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja membuka Bandung International Food & Hospitality Expo (BIFHEX) 2022 di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Rabu (8/6/2022).

Setiawan menyebut bahwa Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversitas (megabiodiversity) kedua terbesar di dunia setelah Brasil. Hal ini menjadi alasan utama mengapa biodiversitas atau keanekaragaman hayati Indonesia, termasuk Jawa Barat, menjadi aset yang perlu terus digali demi kesejahteraan.

BACA JUGA :  Hari Pertama Masuk Kerja, Ridwan Kamil: Jabar Siapkan WFH sebagai Sistem Kerja Masa Depan

Salah satunya, kata Setiawan, lewat inovasi dalam pengelolaan bahan pangan yang juga berasal dari tanaman pangan. Itu juga menjadi bagian dari keanekaragaman hayati. Maka, konten produk penganan lokal mesti diperkuat untuk memaksimalkan potensi lokal.

“Oleh karena itu festival ini adalah untuk menggali potensi lokal. Lalu kita harus bisa berinovasi karena gempuran produk makanan dan minuman asing yang masuk ke Indonesia amat sangat banyak,” ucap Setiawan.

BACA JUGA :  Menko Marves Puji Inovasi IPAL Dalam Progres Program Citarum Harum

Menurut Setiawan, inovasi merupakan kata kunci yang harus terus dikembangkan. Adapun berbagai inovasi perlu terus digali tidak hanya terhadap jenis makanan atau minumannya sebagai prodak utama, tetapi juga pada kemasan hingga pemasarannya.

“Jangan sampai produk kita kalah dalam negeri sendiri,” kata Setiawan. “Semoga BIFHEX menjadi salah satu langkah memajukan ekonomi Jabar,” imbuhnya.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!