Pj Bupati Konawe Janjikan Petani Puriala Sumur Bor

waktu baca 2 menit
Senin, 20 Nov 2023 23:50 0 425 redaksi

Konawe, Britakita.net

Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM mendengar secara langsung keluhan warga setempat saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Puriala, Senin 20 November 2023.

Salah satu yang dikeluhkan masyarakat Puriala yaitu terkait sulitnya masyarakat petani mengairi sawahnya karena dampak kemarau yang berkepanjangan.

Keluhan itu disampaikan oleh Wahiya petani Puriala. Di hadapan Bupati, Wahiya menyampaikan bahwa sawah di Kecamatan Puriala sangat potensial untuk dikembangkan. Luasannya sekira 1.000 hektare. Namun kata dia, akibat kemarau berkepanjangan ini, para petani setempat kesulitan untuk mengairi lahan persawahannya.

“Sekarang musim kemarau susah air. Padahal, kami petani sangat membutuhkan air. Kebetulan ada Pak Bupati, kami minta bantuan Pemda Konawe supaya petani di Puriala ini dapat perhatian,” pinta Wahiya mewakili petani lainnya.

“Kami juga ingin tahu pak, apakah air dari bendungan Ameroro itu sampai di kecamatan Puriala,” tanya Wahiya.

Menanggapi keluhan petani tersebut, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba kemudian bercerita bahwa semenjak menjabat Kepala Bidang Fisik dan Prasarana (Fispra) Bappeda Sultra, dirinya sudah terlibat dalam desain pembangunan bendungan Ameroro.

Harmin Ramba selanjutnya memastikan, bendungan Ameroro memang dirancang supaya airnya sampai di Puriala.

“Kalau tidak salah, bendungan Ameroro itu bisa mengaliri sawah hingga kapasitas 38.000 hektare. Insya Allah 25 November 2023, sudah mulai genangan di sana. Yang jelas, bendungan Ameroro itu dibendung untuk mengaliri sawah masyarakat,” jelas Harmin Ramba.

Untuk solusi jangka pendek, Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu bakal membuatkan sumur air tanah bagi masyarakat petani di Puriala agar tidak kesulitan mengairi sawahnya.

“Saya juga sudah suruh cek Dinas PUPR Konawe. Apakah bisa ditambah pintu-pintu saluran irigasi di Puriala. Itu bisa kita maksimalkan sambil menunggu kelarnya bendungan Ameroro,” pungkas Bupati Konawe.

Penulis : Mar
Editor : Red

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!