Maksimalkan Penanganan Covid-19, Pemkab Bombana Buat Aplikasi Khusus

waktu baca 2 menit
Sabtu, 11 Apr 2020 13:47 0 305 redaksi

Bombana, Britakita.id

Segala tenaga dikarahkan oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bombana untuk mengantisipasi penyebaran Virus corona. Hal tersebut ditunjukkan dengan aplikasi khusus Gugus Tugas Covid-19 Bombana yang dapat memantau warga yang keluar maupun masuk di wilayah Bombana.

Hal tersebut dibenarkan oleh Juru bicara Covid 19 Kabupaten Bombana, Heryanto, saat konferensi pers di posko induk satgas kabupaten Bombana, Jumat (10/4/2020), mengatakan aplikasi online itu bukan cuma menampilkan monitoring pengawasan, tapi kinerja satgas mulai dari tingkat dusun hingga posko induk kabupaten dapat terakses secara update.

“Manfaat aplikasi ini, pertama tentuh untuk saluran atau kanal informasi publik terkait Covid 19 secara cepat dan update. Kedua, untuk mempermudah satgas dalam menjalankan tugas, mulai satgas tingkat dusun, tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga posko induk. Dan Ketiga, akan mempermudah tim medis dalam melakukan tindakan atau pemantauan kesehatan warga,” kata Heryanto.

Ketua PPNI Provinsi Sultra itu mencotohkan kinerja sistem penjagaan pos di pintu masuk Kabupaten Bombana. Tempatkan delapan personil terdiri dari Polisi, TNI, Pol PP, dinas perhubungan serta tenaga medis. Sehingga disana, sambung Heryanto ada yang memeriksa suhu tubuh, ada yang sosialisasi, membagikan masker hingga ada yang mencatat untuk dilaporkan ke aplikasi.

“Semua aktifitas itu, dapat dipantau dalam aplikasi layanan informasi Covid-19 yang kami luncurkan ini. Jadi, jika ada yang warga masuk atau keluar, atau ada yang memiliki gejala dan sebagainya, laporan itu masuk ke aplikasi. Membuat semua ikut mengetahui. Informasi ini akan mempermudah satgas semua tingkatan untuk siaga. Begitu juga dengan tim medis untuk survelen (mengawasi) atau ambil tindakan,” kata mantan anggota DPRD Bombana itu,” tutupnya.

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Bombana yang juga dikonfirmasi mengatakan bahwa aplikasi ini digunakan untuk mendukung kerja Gugus Tugas Covid-19 Bombana. Dimana penyegahan Covid-19 kini menjadi tanggungjawab seluruh pihak.

” Aplikasi ini akan memudahkan pemantauan oleh gugus tugas Covid-19, agar kinerja seluruh jajaran Satgas Covid-19 dapat lebih maksimal,” tutpnya.

Laporan: Fendi
Editor: Ruddi

Penulis :
Editor :




LAINNYA
error: Content is protected !!