Desa Lalohao Jalani Penilaian Lomba Desa Kabupaten Konawe

waktu baca 2 menit
Sabtu, 20 Mei 2023 07:39 0 321 redaksi

Konawe, Britakita.net

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keni Yuga Permana, terus berkeliling, menyambangi satu-persatu wilayah, demi melakukan penilaian lomba desa/kelurahan.

Setelah melakukan penilaian di beberapa tempat selama beberapa hari terakhir, tim penilai lomba tiba di Desa Lalohao, Kecamatan Wonggeduku, Kamis (18/5/2023). Rombongan disambut langsung Clcamat serta para kepala desa (Kades).

Kepala Desa, Indra dan ketua tim penggerak PKK Lalohao, memaparkan secara detai kondisi pemerintahannya. Hal yang sama juga dilakukan Camat Wonggeduku, Hj. Martini saat membawakan sambutannya.

Sementara itu Keni Yuga Permana mengungkapkan, Desa Lalohao merupakan desa ke-19 yang timnya kunjungi. Menurutnya, Wonggeduku punya kesan tersendiri karena merupakan wilayah “Kotubitara”.

Keni menerangkan, jika lomba desa/kelurahan tersebut merupakan agenda nasional. Agenda yang tiap tahunnya digelar secara berjenjang hingga tingkat kabupaten, regional dan nasional.

Diungkapkan, ada beberapa poin yang menjadi kategori penilaian, mulai dari penyelenggaraan pemerintahan, kinerja aparatur, inisiatif aparat, pemanfaatan E-Goverment, serta pelestarian adat dan budaya.

Keni juga mengingatkan, jika camat telah membuat SK dan menunjuk desa sebagai peserta lomba maka harus dipatuhi.

Meski demikian ia juga menekankan jika agar kades peserta lomba jangan berutang kiri kanan hanya karena ikut lomba desa.

“Kalau bapak dan ibu dekat dan dicintai masyarakatnya, Insyaallah tidak akan ditinggalkan sendiri kalau ada kegiatan seperti ini,” imbuh Keni.

Laporan: Mar

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!