Kejari Kendari Minta Pemkot Dukung Kerja PAKEM

waktu baca 2 menit
Senin, 7 Nov 2022 15:43 0 312 redaksi

Kendari, Britakita.net

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari menggelar rapat Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Senin (11/7/22) bersama Tim Koodinasi PAKEM se Kota Kendari. Dimana kegiatan tersebut rutin dilakukan untuk mengawasi dan meminimalisir beredarnya paham yang merusak kerukunan antar Umat Beragama di Kota Bertakwa yang akan berdampak pada Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kendari, Bustanil N. Arifin yang membuka dan menjadi moderator dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa Kegiatan PAKEM merupakan salah satu langkah kongkrit Kejaksaan Republik Indonesia dalam kontribusinya ikut serta melaksanakan Revolusi Karakter Bangsa. Bahwa aspek dasar nilai-nilai dan kerukunan beragama untuk membentuk kehidupan yang rukun dan damai dalam masyarakat dikemudian hari sangat diperlukan.

“Sehingga para pemimpin dan generasi selanjutnya diharapkan dapat memperkuat sendi-sendi ketentraman umum dalam masyarakat dan secara simultan membangkitkan kehidupan sosial lainnya seperti bidang ekonomi dan budaya. Dan Kegiatan Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) sudah seyogyanya menjadi kegiatan rutin yang mendapat porsi APBN yang mencukupi sehingga dapat terlaksana lebih baik,” kata Mantan Kasi Pidsus Kejari Bombana itu.

Lanjut mantan Kasi Pidsus Kejari Konawe itu dalam upaya meningkatkan ketentraman hidup beragama masyarakat perlu ditingkatkannya pelaksanaan PAKEM yang terkoordinir, mengingat masih banyaknya gesekan SARA dalam masyarakat. Demikian pula peranan aparat penegak hukum, pemuka agama dan tokoh masyarakat perlu terus dikembangkan.

“Begitu pula perlu terus ditingkatkannya koordinasi antar instansi terkait lainnya sehingga hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaan PAKEM yang terkoordinir dapat diselesaikan bersama demi mencapai cita-cita bangsa yang hidup rukun berdampingan,” tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan tersebut dibuka oleh Kajari Kendari, Shirley Sumuan diikuti oleh Sekretaris Kesbangpol Pemkot Kendari, Pasi Intel Kodim 1417/Kendari, Kanit 1 Unit 1 Intelkam Polresta Kendari, KBO Intelkam Polresta Kendari, Disbudpar Kota Kendari, Kemenag Kota Kendari berserta staffnya.

Laporan: Mar

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!