Jamin Kaulitas Kesehatan Masyarakat, Bupati Konkep Terima Penghargaan Nasional

waktu baca 3 menit
Selasa, 14 Mar 2023 20:22 0 378 redaksi

Konkep, Britakita.net

Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) H Amrullah, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan, karena kabupaten yang dipimpinnya dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas kesehatan. Selasa, 14 Maret 2023.

Penghargaan bertajuk “Wujud Nyata Komitmen Lemda Dalam Mendukung Program Jaminan Mesehatan Nasional Nagi Masyarakat Indonesia” yang diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian disaksikan Menteri PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 22 Provinsi dan 334 kabupaten. Tercapainya UHC di setiap daerah, Wakil Presiden (Wapres) mengapresiasi komitmen Pemda, khususnya dalam menjalankan Intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi Presiden kepada Gubernur dan Bupati/Walikota adalah mendorong target RPJMN. Target tersebut yaitu 98 porsen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh Pemda.

Sampai dengan 1 Maret 2023 jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90 porsen dari seluruh penduduk Indonesia. Komitmen Pemkab Konkep terhadap sektor kesehatan jelas bukan main-main. Di bawah kepemimpinan Bupati Amrullah, Kabupaten Konkep mampu memberikan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi masyarakatnya.

Jamin Kaulitas Kesehatan Masyarakat, Bupati Konkep Terima Penghargaan Nasional

“Ini adalah komitmen kami yang tertuang dalam program unggulan kami yakni akses jaminan sosial dan kesehatan total bagi masyarakat. Jadi jaminan kesehatan ini untuk masyarakat Pulau Wawonii,” imbuh Amrullah.

Bupati 2 Periode itu juga menyebut langkah ini adalah salah satu bentuk upaya mensejahterakan masyarakat. Melalui pencapaian UHC, diharapkan masyarakat di Kabupaten Konkep dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan.

“Kami juga mengharapkan sinergitas dan koordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan agar bisa bersama-sama meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara optimal,” harapnya.

Lanjut orang nomor 1 di Pulau 1001 Pohon Kelapa itu menuturkan kepuasan dirinya ketika masyarakat Konkep bisa terjamin dalam kesehatan dan tidak perlu memikirkan kesulitan berobat. “Masyarakat tidak perlu khawatir lagi dalam hal pelayanan kesehatan, cukup membawa KTP atau bagi yang tidak ber KTP pun, Insya Allah bisa dibantu,” jelasnya.

Olehnya itu, atas penghargaan yang telah diterima. Politisi Partai Demokrat menyebut bahwa hal ini merupakan bentuk kerjasama daru semua pihak. “Ini tidak akan terwujud ketika Bupati saja yang menginginkannya, jelas ini adalah hasil dari upaya bersama BPJS, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan pihak terkait lainnya,” pukas Amrullah.

Laporan : Aan Ahmad

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!