Ini Deretan Prestasi KSK Menjadi Nahkoda Pemkab Konawe

waktu baca 3 menit
Rabu, 14 Jun 2023 21:41 0 381 redaksi

Konawe, Britakita.net

Beragam prestasi dan prestise terus ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe di masa kepemimpinan Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK). Belum lama ini, Konawe menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra. Konawe dinilai mampu menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan baik.

WTP sendiri merupakan opini penilaian tertinggi untuk LKPD yang diberikan BPK. Konawe telah meraih prestise tersebut sebanyak delapan kali berturut-turut, yakni untuk LKPD 2015 sampai 2022 (yang laporannya diterima Mei 2023 lalu).

Ini Deretan Prestasi KSK Menjadi Nahkoda Pemkab Konawe

Momen KSK saat menerima plakat dan piagam dari Kemenkeu karena telah lebih dari lima kali berturut-turut WTP.

Selain telah meraih 8 kali WTP, pemerintahan KSK ternyata juga punya koleksi prestasi bidang pengelolaan keuangan lainnya selama dua periode memimpin.

Tahun 2017, Pemkab Konawe berhasil meraih Penghargaan Dana Rakca 2016. Penghargaan itu datang dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kala itu, Konawe dianggap mampu mengelola dana insentif daerah (DID) yang digelontorkan Kemenkeu senilai Rp52 miliar.

Penghargaan Dana Rakca dari Kemenkeu itu menjadi istimewa, karena Pemkab Konawe dan Pemprov Sultra yang mendapatkannya. Tak heran jika KSK kemudian terus menggenjot tata kekola kekuangan yang baik di Konawe.

Ini Deretan Prestasi KSK Menjadi Nahkoda Pemkab Konawe

Momen KSK saat menerima LHP dan meraih WTP ketujuh dari BPK Sultra.

Selanjutnya, Mei 2022 Pemkab Konawe didaulat sebagai kabupaten dengan peringkat pertama dalam penilaian kinerja dana desa semester II 2021. Atas capaian itu, pemerintahan KSK diberi penghargaan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari, yang merupakan perpanjangan tangan Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb), Kementerian Keuangan RI.

Ini Deretan Prestasi KSK Menjadi Nahkoda Pemkab Konawe

Capaian itu tentu tidak lepas dari atensi Bupati Konawe yang selalu mengingatkan kepala desa (Kades) di wilayahnya untuk menggunakan dana sesuai ketentuan berlaku. KSK selalu mengimbau dan melakukan monitoring langsung penggunaan dana desa.

“Kita selalu mengingatkan para Kades agar membelanjakan uang dana desa sesuai regulasi dan petunjuk teknisnya,” imbau KSK.

Kemudian, Oktober 2022 Pemkab Konawe kembali diganjar penghargaan Kemenkeu RI. Penghargaan itu diberikan langsung melalui Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Sultra.

Ini Deretan Prestasi KSK Menjadi Nahkoda Pemkab Konawe

Momen Sekda dan Ketua DPRD Konawe menerima LHP dan meraih WTP kedelapan dari BPK Sultra, Mei 2023.

Penghargaan Kemenkeu itu diberikan untuk daerah yang telah meraih lima kali WTP. Konawe saat mendapat penghargaan itu telah tujuh kali WTP dan belum lama ini meraih WTP kedelapan kalinya. Saat ini, Konawe menjadi salah satu daerah dengan koleksi WTP terbanyak di Sultra, yang diraih sejak era kepemimpinan bupati KSK.

“Yang kami lakukan hanyalah bekerja dan biar kan orang lain yang menilai. Semua capaian ini tidak lepas dari kerja keras pegawai kita yang saling bersinergi dengan baik,” terang KSK.

Untuk diketahui, pemerintahan KSK selama dua periode menjabat telah mencatatkan sejumlah prestasi baik tingkat lokal maupun nasional. Dalam kurun waktu enam bulan terakhir saja, KSK telah mengoleksi setidaknya enam penghargaan skala nasional.

Laporan: Mar

Penulis :
Editor :

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




LAINNYA
error: Content is protected !!