25.4 C
Kendari
Senin, Desember 5, 2022

Setelah Wings Air “Minggat”, Tak Ada Pesawat Lagi Ke Wakatobi, Dewan: Bangun Bandara Sia-sia, Pariwisata Bakal Mati

Wakatobi, Britakita.net

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi mendesak Pemerintah Daerah (Pemda)  untuk bergerak cepat merespon atas berhenti beroperasinya maskapai penerbangan dari dan ke Wakatobi.

Setelah pada 24 Januari 2019 maskapai Garuda Indonesia menghentikan penerbangan menuju Wakatobi, dengan alasan penyesuaian rotasi pernerbangan.

Terbaru, maskapai penerbangan Wings Air juga menyatakan secara resmi menghentikan penerbangan ke daerah berjuluk ‘Surga Bawah Laut’ itu sejak 08 Juli 2022 lalu.

Padahal, Wing Air merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang beroperasi secara reguler melayani penerbangan dari Wakatobi ke Kendari

Sehingga setelah maskapai penerbangan anak perusahaan Lion Air itu berhenti, kini tidak ada lagi pesawat yang melayani rute penerbangan dari dan menuju Wakatobi.

Atas minggatnya sejumlah maskapai penerbangan di daerah yang digadang-gadang sebagai Bali baru tersebut, anggota Dewan Wakatobi, Badalan mengaku geram dengan kondisi tersebut.

BACA JUGA :  Genjot Promosi Pariwisata, GenPI Wakatobi Mulai Masifkan Kegiatan Offline

Menurutnya, apabila pemerintah daerah tidak segera mengambil langkah cepat maka akan berdampak buruk terhadap kondisi pariwisata Wakatobi, yang masih lumpuh akibat dampak pandemi.

“Pemerintah daerah di minta untuk fokus membangun komunikasi yang intens dengan pihak Provinsi, Pusat dan pikak maskapai penerbangan untuk segera membuka rute dari dan ke Wakatobi,” tegas Badalan.

Menurutnya, bandara di Wakatobi bukan sekedar melengkapi fasilitas publik, melainkan telah banyak uang rakyat yang digelontorkan untuk pembangunan yang nantinya sia-sia jika tidak digunakan.

“Puluhun milyar dana rakyat yang telah di gelontorkan untuk pengembangan bandara, sektor pariwisata, dan dalam hitungan yang singkat akan terbengkalai jika tidak segera di cari jalan keluar nya,” ungkap Badalan.

BACA JUGA :  Banyak Aset Wisata Bernilai Puluhan Miliar Kini Tak Terurus, Dewan Wakatobi Desak Pemda Segera Lakukan Pembenahan

Ia juga menyebut, jajaran Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten adalah pihak yang wajib memberikan klarifikasi atas berhentinya Wings Air sebagai satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan ke Wakatobi.

“Pemerintah Pusat, Provinsi dan kabupaten wajib memberikan klarifikasi atas berhentinya jalur penerbangan tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, maskapai Wings Air menyatakan secara resmi bahwa pada 07 Juli 2022 merupakan hari terakhir akan terbang ke Wakatobi sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Kami selaku Perwakilan Wings Air Wakatobi mengucapkan minta maaf jika selama ini masih banyak kekurangan dalam pelayanan dan kami mengucapkan Terima kasih atas dukungannya selama ini. Besar harapan kami wings air akan kembali beroperasi atau terbang lagi ke Wakatobi . Mohon doanya semua,”tulis Akun resmi Wings Wakatobi.

Laporan ; Samidin

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!